Diprakarsai 26 Media Nasional, AMSI Akan Dideklarasikan 18 April 2017

Avatar of PortalMadura.Com
Diprakarsai 26 Media Nasional, AMSI Akan Dideklarasikan 18 April 2017
Ist. Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

PortalMadura.Com, Jakarta – Asosiasi Media Siber Indonesia () yang didirikan oleh 26 media digital nasional akan dideklarasikan di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 18 April 2017.

Yang tergabung adalah media yang concern terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber

Ketua Panitia , Ismoko Widjaya, mengungkapkan, bahwa perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan dan mengembangkan industri konten digital di Indonesia.

Namun sejalan dengan itu, keran kebebasan informasi telah juga melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Atas dasar pemikiran itu, AMSI lahir dan sudah beranggotakan 143 media digital di tanah air,” terang dia dalam siaran persnya, bersama Steering Committee Deklarasi AMSI, Maryadie, Senin (17/4/2017).

Dijelaskan, bahwa kepengurusan AMSI dibentuk dalam wadah Dewan Presidium yang diketuai oleh Wenseslaus Manggut (CCO KLN/Pimred Merdeka.com) dengan anggotanya sebanyak 24 pemimpin redaksi atau wakil yang ditunjuk media online di Indonesia.

Garapan setelah deklarasi, Dewan Presidium akan menggelar Musyawarah Nasional untuk pembentukan pengurus, AD/ART dan program kerja paling lambat tiga bulan setelah deklarasi.

Ia mengatakan, setelah deklarasi juga akan ada pernyataan Komunike Bersama dari seluruh pendiri dan anggota AMSI. Komunike Bersama ini nantinya yang menjadi dasar dari visi, misi dan program AMSI di masa mendatang.

Diharapkan, dengan terbentuknya AMSI, dapat menciptakan media siber yang concern terhadap konten-konten yang akurat, berimbang, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.

Selain itu, AMSI juga dapat menjadi tempat untuk diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan stakeholder lainnya. “Juga untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi,” ujarnya.

AMSI, juga akan menjadi stakeholder Dewan Pers bersama dengan organisasi media yang sudah ada seperti Serikat Penerbitan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Menurutnya, AMSI diharapkan terlibat aktif dalam membahas berbagai regulasi dan tata kelola media digital bersama dengan stakeholder lainnya serta memperkuat kehadiran media digital di berbagai wilayah Indonesia agar beroperasi secara sehat dan profesional.

Deklarasi AMSI akan diawali dengan kegiatan diskusi yang mengambil tema “Profesionalisme Media Siber di Tengah Belantara Hoax”.

Diskusi tersebut akan menghadirkan lima pembicara, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, dan Direktur Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Fadil Imran.

Selain itu, Ketua Presidium AMSI Wenseslaus Manggut, Public Policy Lead Twitter Indonesia Agung Yudha dan dimoderatori oleh Pemred Tirto.id Sapto Anggoro.

Presidium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

Ketua Presidium : Wenseslaus Manggut (CCO Kapanlagi Network/Pemred Merdeka.com)

Anggota Presidium AMSI

Iin Yumiyanti (Pemimpin Redaksi Detikcom)
Wisnu Nugroho (Pemimpin Redaksi Kompas.com)
Mohammad Teguh (Pemimpin Redaksi Liputan6.com)
Burhan Sholihin (Pemimpin Redaksi Tempo.co)
Dahlan Dahi (Pemimpin Redaksi Tribunnews.com)
Maryadi (Pemimpin Redaksi VIVA.co.id)
M Budi Santosa (Pemimpin Redaksi Okezone.com)
Nezar Patria (Pemimpin Redaksi Thejakartapost.com)
Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com)
Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis.com)
Irfan Junaidi (Pemimpin Redaksi Republika.co.id)
Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi Tirto.id)
Arifin Asydhad (Pemimpin Redaksi Kumparan.com)
Yoko Sari (Pemimpin Redaksi CNNindonesia.com)
Ismoko Widjaya (Pemimpin Redaksi Dream.co.id)
Adi Prasetyo (Head Digital Beritasatu.com)
Nuruddin Lazuardi (Pemimpin Redaksi Rimanews.com)
Agung Rulianto (Wapemred Arah.com)
Nurfajri Budi Nugroho (Wapemred Metrotvnews.com)
Dwi Eko Lokononto (Pemimpin Redaksi Beritajatim.com)
Upi Asmaradhana (Pemimpin Redaksi Kabarmakassar.com)
Ary Anggadha (Pemimpin Redaksi Otonomi.co.id)
Fakhrurodzi Baidi (Pemimpin Redaksi Riauonline.co.id)
Wibowo Prasetyo (Pemimpin Redaksi Jatengpos.co.id)

Pendiri AMSI

1 Detikcom
2 Liputan6.com
3 Viva.co.id
4 Tirto.id
5 Suara.com
6 Cnnindonesia.com
7 Kabarmakassar.com
8 Merdeka.com
9 Beritasatu.com
10 Beritajatim.com
11 Metrotvnews.com
12 Okezone.com
13 Arah.com
14 Kompas.com
15 Thejakartapost.com
16 Republika.co.id
17 Dream.co.id
18 Otonomi.co.id
19 Bisnis.com
20 Kumparan.com
21 Tribunnews.com
22 Rimanews.com
23 Jatengpos.co.id
24 Tempo.co
25 Riauonline.co.id
26 Kapanlagi.com

Anggota AMSI

Antaranews.com, Harianjogja.com, Beritasatu.tv, PortalMadura.Com, Sindonews.com, Radarselatan.co.id, Grid.id, Gosulsel.com, Pedomankarya.co.idm Goriau.com, Palopopos.co.id , Globeasia.com, Padangkita.com, Genews.co.id, Otosia.com, Gatranews.com, Otomania.com, Halalifestyle.com, Potretnews.com, Gressnews.com.

Pontianak-times.com, Gosumbar.com, Pikiran-rakyat.com, Independen.id, Rakyatku.com, Inilah.com, Ranah.id, Jakartaglobe.id, Redaksisumbar.com, Jitunews.com, Riaueditor.com, Josstoday.com, Riaumandiri.co , Juara.net, Riaumandiri.com, Jurnas.com, Riausatu.com , Kabaraustralia.com, Riautribune.com , Kabar24.com.

Riauterkini.com, Kabarbisnis.comm Ruaitv.co.id, Kabarjakarta.com, Selasar.com , Kabarkendari.com, Semarangpos.com , Kabarmedan.com, She.id, Kabarnusa.com, Kabarpadang.com, Sindotrijaya.com, Kabarpapua.com, Sindoweekly.com, Acehkita.com, Kabarpas.com, Solopos.com, Ambonekspres.com.

Kabarselayar.com, Sooperboy.com, Kabartuban.com, Sportourism.id, Batamnews.co.id, Katadata.co.id, Storibriti.com, Beritabojonegoro.com, Klikpositif.com, Suarabanyuurip.com, Beritajateng.net, Korpri.id, Suaramerdeka.comm Beritakota.co.id, Krjogja.com, Sumbarsatu.com, Lampungpro.com, Superball.id.

Bertuahpos.com, Lensaindonesia.com, Superball.id, Bintang.com, Lintasterkini.com, Tabloidbintang.com, Blokbojonegoro.com, Literasinews.com, Teraslampung.com, Bloktuban.com, Madiunpos.com, Thepeak.com, Bola.com, Makassarterkini.com, Timesindonesia.co.id, Bola.net, Malangvoice.com, Timlo.net, Brilio.net, Mediaindonesia.com.

Tribunjatim.com, Covesia.com, Mediamadura.com, Tribun-timur.com, Duta.com Metrosemarang.com, Vemale.com, Efekgila.com, Money.id, Vidio.com, Fajaronline.com, Muvila.com, Wartakotalive.com, Famous.id, Kontan.co.id, Fimela.com, Nttonline.com, Floresa.com, Offside.co.id, Fornews.co, dan Oto.com.

Untuk saat ini, sekretariat AMSI, di Berita Satu Plaza lantai 11, Jalan Gatot Subroto Kav. 35-36 Jakarta Selatan 12950 Telp. (021) 52900303 dan Faks. (021) 52900301.

(HARTONO)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.