oleh

Direktur RSUD Sumenep Ingatkan Masyarakat Waspadai Penyakit Penghujan

PortalMadura.Com, Sumenep – Memasuki musim penghujan di penghujung akhir tahun 2018 masyarakat perlu mewaspadai sejumlah penyakit yang akan muncul.

Biasanya, akan menimpa penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), demam berdarah dengue (DBD) dan diare.

“Biasanya akan terjadi peningkatan penderita pada musim penghujan. Makanya, masyarakat perlu mewaspadai penyakit itu,” terang Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar dr. Fitril Akbar, M.Kes, Senin (30/11/2018).

Upaya yang dapat dilakukan agar masyarakat terhindar dari segala macam jenis penyakit tersebut, adalah dengan terus menjaga pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Kebersihan lingkungan dengan cara menerapkan 3M plus adalah hal yang paling utama. “Menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas, dan menutup rapat penampungan air,” terangnya.

Jika perlu memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak. “Tapi yang paling utama, ya itu, 3M,” ucapnya.

Pola hidup bersih dan sehat dan menjaga ketahanan tubuh merupakan kunci paling jitu dalam menghindari segala macam penyakit.

“Meski bukan musim penghujan, jika itu yang dijaga, tentu kesehatan tubuh tetap terjaga,” katanya.

Bila masyarakat mengalami gejala yang diduga demam, sebaiknya cepat periksakan pada petugas medis sebelum terlambat.

“Kami, tentu akan senang memberikan pelayanan lebih dini agar kesehatan masyarakat tetap terjamin,” tandasnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak jauh-jauh untuk memeriksakan kesehatannya. RSUD Sumenep sudah memiliki tenaga medis yang handal dengan pelayanan cepat dan akurat.(Hartono)


Komentar