Moms, Ini 8 Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 8 Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi
Ilustrasi

PortalMadura.Com tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi seorang bayi pun juga mengalaminya. Biasanya ia akan mudah rewel atau menangis tanpa alasan saat perutnya kembung. Hal ini wajar terjadi hingga usianya yang 3 bulan. Sebab, pencernaannya belum berfungsi sempurna.

Tapi saat usianya bertambah, bayi juga bisa mengalami perut kembung lantaran mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya. Jadi, Anda perlu mengetahui pada bayi. Sebab, ia belum bisa menangani rasa sakitnya itu layaknya orang dewasa.

Berikut cara mengatasi :

Menggosok Perut Bayi
Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah dengan menggosok perut bayi. Jika perut bayi Anda kembung dan ketika ditepuk pelan mengeluarkan suara nyaring, maka Anda bisa menggosok perut bayi. Cara ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut bayi bisa kembali seperti semula. Bahkan membantu bayi sering buang angin sehingga tidak kembung.

Caranya, dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar. Perhatikan cara Anda menekannya, jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit.

Beri Pijatan Lembut
Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memberi pijatan lembut. Pijat lembut anggota tubuh bayi seperti perut, punggung dan dada. Anda juga dapat menggunakan minyak yang menghangatkan tubuh bayi untuk dibalurkan di area perut, punggung dan dada sembari memijat sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Lakukan pemijatan satu jam setelah bayi menyusu. Hentikan pemijatan bila bayi menangis atau menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman.

Menepuk Punggung Bayi dengan Lembut
Perut bayi Anda kembung mungkin karena masalah angin yang terperangkap dalam perut. Kondisi ini biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula, minum ASI atau bahkan mendapatkan makanan pendamping ASI. Efek dari makanan atau minuman ini bisa menyebabkan bayi sulit bersendawa.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah setelah bayi menyusu, usahakan untuk menggendongnya dengan posisi tubuh bayi menghadap Anda, tempelkan perutnya pada dada Anda, lalu tepuk-tepuk kecil punggungnya sehingga si kecil terpancing untuk bersendawa. Setelah bersendawa maka biasanya perut kembung bayi sembuh. Jika ia tidak bersendawa juga, baringkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit, agar perutnya tertekan dan gas bisa keluar dari perutnya.

Perbaiki Posisi Menyusui
Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi menyusui. Saat Anda sedang menyusuinya atau memberikan susu lewat botol dot, cobalah untuk memosisikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Dengan begini, susu akan lebih mudah masuk ke dalam perut dan udara menuju ke atas sehingga bayi dapat bersendawa. Gunakan bantal menyusui guna memudahkan Anda untuk menyusui dengan posisi yang tepat tersebut.

Beri Air Hangat
Air hangat sangat baik untuk membantu perut bayi menjadi lebih nyaman dan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Cara ini bisa dilakukan untuk bayi yang baru lahir maupun bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Jika anak Anda masih bayi maka cukup mandikan dengan air hangat.

Bila si kecil berusia di atas 6 bulan dan sudah mulai makan, Anda bisa meminumkan air hangat padanya. Namun, jika si kecil belum mulai makan, Anda bisa mengompres perut dan punggungnya dengan kain lap hangat. Rendam kain beberapa saat di air hangat, peras, lalu tempelkan pada perut dan punggung si kecil. Mandi air hangat juga bisa membantu bayi mengeluarkan gas di perutnya. Selain lebih mudah, cara mengatasi perut kembung pada bayi ini membantu perut bayi menjadi lebih nyaman.

Biarkan Bayi Tengkurap Agak Lama
Jika bayi Anda sudah bisa tengkurap maka Anda bisa membantu perut kembung bayi menjadi lebih mudah. Caranya yaitu dengan membiarkan bayi tengkurap lebih lama. Anda bisa mengamati apakah bayi merasa sakit, nyaman atau wajah yang aneh. Dengan posisi bayi yang tidur tengkurap akan membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badan. Kemudian bayi Anda bisa buang angin dengan bersendawa atau buang angin dari bawah. Selain itu cobalah untuk mengajak bayi berkomunikasi agar bayi mau membuka mulutnya.

Biarkan Bayi Bergerak Aktif
Saat perut bayi kembung, jangan membatasi gerakan bayi meskipun Anda merasa khawatir. Berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dan kemampuan fisik bayi berguna sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggendong bayi karena bayi bisa menjadi kurang aktif. Anda bisa mengajak bayi untuk bermain atau belajar sesuai dengan fisiknya. Berbagai gerakan ini akan membantu bisa bersendawa. Cara ini penting dilakukan setelah bayi minum ASI atau minum susu formula.

Gerakkan Kaki Bayi seperti Bersepeda
Membuang gas perut untuk bayi memang menjadi hal yang menantang untuk semua ibu. Jika Anda telah melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi namun tidak berhasil, maka cobalah cara ini. Caranya adalah Anda bisa menggerak-gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda.

Lakukan secara lembut sambil ajak bayi untuk tertawa atau berkomunikasi. Gerakan kaki akan menekan bagian perut yang mendorong gas perut bergerak ke atas hingga kerongkongan bayi. Langkah ini juga bisa membantu mengatasi rasa lelah berlebihan pada bayi. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.