Dirgahayu Sampang 397, Bupati Kenang Jasa Pejuang dengan Berziarah ke Makam Rato Ebu

Avatar of PortalMadura.com
Dirgahayu Sampang 397 Bupati Kenang Jasa Pejuang dengan Berziarah ke Makam Rato Ebu
Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi bersama pejabat lain di lingkungan Pemkab Sampang melakukan ziarah kubur (Foto. Rafi @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMaduda.Com, Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur melakukan ziarah kubur [makan] leluhur Rato Ebu, di Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang.

Hal tersebut sebagai rangkaian pada momentum Dirgahayu Hari Jadi (Harjad) ke-397 Kabupaten Sampang tahun 2020.

Rombongan dari seluruh unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang, juga melaksanakan tahlil, doa dan tabur bunga bersama di makam Rato Ebu tersebut.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menyampaikan, ziarah terhadap makan leluhur yakni Rato Ebu merupakan wujud mempertahankan tradisi untuk memperingati hari jadi daerah.

Menurutnya, sangat penting berziarah di makam leluhur, tokoh agama dan para pejuang yang terbukti telah mewujudkan sejarah terdahulu berdirinya Kabupaten Sampang.

Baca Juga:  Kategori Darah Istihadah, Muslimah Wajib Tahu!

“Kami mengingatkan kembali terhadap jasa-jasa pejuang dan pemimpin Sampang terdahulu. Maka, kami ambil hikmah dengan cara berziarah di makam leluhur,” katanya, Rabu (23/12/2020).

“Masyarakat diharapkan agar tidak lupa terhadap berbagai upaya para pejuang yang sudah mendahului kita. Terutama, melalui kegiatan pada rangkaian Harjad Kabupaten Sampang,” lanjutnya.

Kader partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, memberikan instruksi kepada para pejabat serta staf kantor OPD, dan lingkungan pendidikan dengan mengenakan baju adat Marlena dan Sakera sebagai bentuk mengenang sejarah.

“Semua pejabat dan staf kantor, kami anjurkan memakai baju adat Madura atau Sampang dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah,” jelasnya.

Pada rangkaian Dirgahayu Harjad Sampang, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan pembangunan daerah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.(*)

Baca Juga:  Ini Perbedaan Santet, Teluh, Tenung dan Guna-guna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.