oleh

Diskop UM Sumenep Kenalkan Koperasi Sejak Usia Dini

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengenalkan dunia koperasi sejak usia dini.

Hal tersebut sebagai upaya agar tumbuh kaderisasi koperasi yang mumpuni dikemudian hari. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep, Sustono.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Salah satunya melalui lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK,” terang Sustono, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan lainnya, webinar tentang koperasi dan senam bersama untuk menjaga imunitas tubuh pada masa pandemi Covid-19 serta tasyakuran Hari Koperasi ke-74 dan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Ke depan, pihaknya menargetkan tumbuhnya koperasi dari kaum milenial sehingga kesejahteraan warga Sumenep terus meningkat melalui koperasi yang dikelola di era digital.

Tasyakuran Hari Koperasi ke-74

Pada momen Tasyakuran Hari Koperasi ke-74 yang sekaligus memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah.

Kegiatan tersebut berlangsung di rumah produksi wirausaha muda Kabupaten Sumenep, Sabtu (14/8/2021).

“Semoga menjadi sarana syukur kepada Allah, khususnya bagi pelaku koperasi di Sumenep. Alhamdulillah, masih banyak koperasi yang eksis di tengah pandemi,” kata Dewi Khalifah pada sambutannya.

Diskop UM Sumenep Kenalkan Koperasi Sejak Usia Dini
Peserta lomba mewarnai yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UM) Sumenep pada momen tasyakuran Hari Koperasi ke-74 (@portalmadura.com)

Koperasi, kata dia, perlu terus berbenah dan berkreasi di era modern yang terus berkembang. Diakui, bahwa koperasi yang ada masih butuh pembinaan dan sentuhan.

Maka Diskop UM perlu mengembangkan kegiatan yang mampu membangkitkan dunia koperasi.

“Jangan sampai ada pengurus koperasi yang merasa kesulitan saat anggotanya butuh pembinaan,” ujarnya.

Pada momen memperingati hari koperasi ke-74 yang sekaligus HUT ke-76 Kemerdekaan RI hendaknya dijadikan refleksi dan introspeksi bagi anggota koperasi.

“Apa yang perlu dibenahi dan dikembangkan perlu terus didorong dengan maksimal,” tandasnya.

Rumah Produksi Wirausaha Muda

Dewi Khalifah juga menginginkan rumah produksi Wirausaha Muda Kabupaten Sumenep dijadikan pusat edukasi atau pembinaan semua pelaku UKM di Sumenep.

“Jadi, saya ingin dijadikan pusat edukasi. Dan dalam pengembangan UKM sangat dibutuhkan sinergi antar OPD,” katanya.

Bahkan, pihaknya berpesan agar dari hasil produksi UKM yang dikelola koperasi ada yang digenjot untuk pasar ekspor.

“Setiap tahun harus ada yang digenjot, sehingga ekonomi warga Sumenep semakin membaik yang sekaligus ditargetkan menjadi jujukan wisatawan mancanegara,” tandasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar