oleh

Disnak Himbau Waspadai Pakan Ternak Tercemar Abu Vulkanik

PAMEKASAN (PortalMadura) – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengeluarkan himbauan khusus kepada seluruh masyarakat petani khususnya para peternak setelah beredarnya isu matinya ternak akibat terkontaminasi abu vulkanik yang berhembus hingga ke Madura.

Kepala Dinas Peternakan Pemkab Pamekasan, Ir. H Bahrun, MM mengaku perlu mengeluarkan himbauan, sebab sejumlah peternak resah. Meski sebenarnya tidak ada kasus matinya ternak di Kabupaten Pamekasan akibat abu vulkanik tersebut.

“Tapi kita perlu mengingatkan para petani agar hati-hati ketika mengambil rumput atau pakan untuk ternaknya, jangan-jangan tercemar abu vulkanik,” katanya, Kamis (20/2/2014).

Menrurut Bahrun, abu vulkanik di Pamekasan, tidak separah di daerah lain di sekitar Gunung Kelud dan di wilayah barat Gunung Kelud. Namun untuk antisipasi terburuk, maka peternak dihimbau untuk mengevaluasi terlebih dahulu, lokasi lahan penggembalaan serta mencuci bersih pakan ternak yang diduga terkontaminasi abu vulknaik.

“Antisipasi, lebih baik hati-hati dari pada mengakibatkan fatal terhadap kondisi ternaknya,” jelasnya.(reiza/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar