Disnak Sumenep Tambah Volume Pengawasan Kesehatan Hewan

Avatar of PortalMadura.Com
Disnak Sumenep Tambah Volume Pengawasan Kesehatan Hewan
Ist.Net

PortalMadura.Com, – Menjelang hari raya Idul Adha tahun 2015, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menambah volume pemantauan hewan ternak, utamanya sapi dan kambing.

“Ini kami lakukan untuk memastikan daging hewan ternak dalam kondisi sehat dan tidak mengidap penyakit berbahaya,” ungkap Arif Rusdi, Kepala Disnak Sumenep, Jumat (11/9/2015).

Ia menerangkan, pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak merupakan kegiatan rutin, namun menjelang lebaran kurban ini, pihaknya meningkatkan pemantauan kesehatan.

“Hewan ternak yang akan disembelih baik sapi maupun kambing harus diperiksa dulu untuk memastikan kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Pihaknya berjanji akan memaksimalkan kinerjanya untuk mendeteksi, mencegah, dan mengobati hewan ternak agar steril dari penyakit.

“Kami berharap warga Sumenep melaporkan ke kami jika mengetahui adanya penyakit yang diidap hewan ternak,” harapnya.

Ia menegaskan, pemantauan akan dilakukan di pasar yang menjadi sentra penjualan sapi dan kambing maupun tempat penjualan menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Kami memiliki lima rumah potong hewan (RPH). Di masing-masing RPH itu sudah ada personel yang akan mengecek kesehatan hewan ternak sebelum disembelih,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.