Dispendukcapil Sampang Siap Layani Permohonan Kolom Penghayat Kepercayaan

Avatar of PortalMadura.com
Dispendukcapil Sampang Siap Layani Permohonan Kolom Penghayat Kepercayaan
Kantor Dispendukcapil Sampang

PortalMadura.Com, Sampang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyiapkan pelayanan pengajuan permohonan status penghayat kepercayaan pada administrasi kependudukan.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan PD) Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto mengaku sudah siap secara sistem untuk memfasilitasi masyarakat penghayat kepercayaan utamanya blangko Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Kependudukan (KTP).

“Sampai sekarang, tidak ada masyarakat yang mengajukan permohonan untuk memasukkan kepercayaan ke dalam blanko KK dan KTP,” ujarnya, Selasa (5/3/2019).

Disampaikan, ada tiga blanko KK yang terdapat isi kolom berbeda meliputi, KK berisi kolom agama, KK berisi kolom penghayat keprcayaan, dan campuran berisi kolom dalam satu KK ada agama dan kepercayaan.

Baca Juga:  Pikap Guling ke Sungai, Dua Penumpang Tewas

“Salah satu syaratnya harus membuat surat pernyataan yang disediakan Capil. Berasal dari agama apa dan organisasi apa,” katanya.

“Jadi, dalam KK dan KTP penghayat kepercayaan bertuliskan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa,” lanjutnya pada PortalMadura.Com.

Layanan bagi masyarakat penghayat kepercayaan untuk kepentingan administrasi atau dokumen kependudukan, sesuai Surat Edaran (SE) dari Dirjendukcapil yang disampaikan kepada daerah khususnya Dispendukcapil Sampang.

“Tindak lanjut dari putusan MK tentang penganut kepercayaan dimasukkan pada dokumen kependudukan,” ungkapnya.

Berlakunya dokumen kependudukan penghayat kepercayaan tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 118 tahun 2017 tentang blangko KK, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.