oleh

Disperindag Pamekasan Belum Tentukan Serapan Tembakau Musim Ini

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sampai sekarang belum menentukan jumlah serapan jelang musim tanam tembakau 2020.

Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengungkapkan, pihaknya belum menentukan jumlah serapan musim ini lantaran pabrikan belum juga menyampaikan rencana serapannya. Namun ia memprediksi jika jumlah serapan tahun ini tidak jauh berbeda dengan musim lalu.

“Pada pertengahan bulan Juni mendatang kami akan melakukan diskusi dengan para pemangku kebijakan tentang tembakau ini. Kemudian juga akan merumuskan bagaimana tata niaga tembakau itu baik,” katanya, Kamis (4/6/2020).

Menurutnya, Bupati Pamekasan telah menginstruksikan agar pembelian tembakau tahun ini lebih maksimal. Pengalaman tahun lalu harus menjadi pelajaran untuk perbaikan tata niaga tembakau musim ini. Meskipun, secara hukum pasar, apabila jumlah barang banyak, maka nilai jualnya akan lebih murah dan demikian juga sebaliknya.

“Kami akan berupaya bagaimana tembakau petani ini terserap secara maksimal dengan harga yang mahal. Supaya petani tidak merugi,” tandasnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) ini mengaku telah mengirim surat kepada sembilan pabrikan terkait kesiapan pembelian tembakau tahun ini. Termasuk pula rumusan tata niaga tembakau ke depan agar semuanya tidak merasa dirugikan.(*)

Penulis: Marzukiy
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE