oleh

Divaksin Tahap Dua, Bupati Pamekasan Pastikan Vaksin Sinovac Aman dan Halal

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Pendopo Kecamatan Pegantenan, Rabu (10/2/2021).

Vaksinasi dosis kedua itu dihadiri langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kemudian tenaga kesehatan, perwakilan ormas dan kepala desa se Kecamatan Pegantenan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat agar tidak termakan berita hoax tentang vaksin Covid-19. Sebab, vaksin sinovac sudah terjamin kehalalannya sebagaimana rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan keamanannya berdasarkan pengawasan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Logikanya tidak mungkin vaksin ini diberikan kepada kita kalau tidak aman dan halal. Buktinya, saya telah divaksin pada tahap pertama sampai sekarang sehat, kemudian pak Kajari, Komandan Kodim, Kapolres, dan perwakilan ormasi juga sehat,” katanya.

Bupati milenial ini menambahkan, pihaknya meyakini vaksin yang diberikan pemerintah kepada elemen masyarakat Indonesia sebagai bentuk perlindungan pemerintah kepada rakyatnya guna memutus penyebaran Covid-19. Adanya berita bohong yang menakuti-nakuti masyarakat tentang vaksin sinovac harus ditangkal bersama-sama.

“Dalam konteks Covid-19 kita kadang bertemu dengan beberapa sudut pandang yang membuat kita ragu. Yang paling luar biasa adalah memandang bahwa Covid-19 ini konspirasi, dan beberapa sudut pandang yang distruktif, tidak konstruktif lainnya,” tandasnya.

Bupati yang kerap mendapat penghargaan mulai regional hingga nasional ini melanjutkan, adanya isu bohong tersebut membuat masyarakat ragu tentang vaksin sinovac. Oleh karena itu, edukasi kepada masyarakat senantiasa penting dilakukan agar vaksinasi Covid-19 sukses sesuai keinginan pemerintah. Karena program vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk layanan kesehatan pemerintah kepada rakyatnya.

“Saya sangat bersyukur sekali atas diberikannya kesempatan divaksin pertama di kabupaten ini. Dengan bersyukur mudah-mudahan Allah memberikan tambahan rahmat kepada kita,” tambahnya.

Sarjana Psikologi ini meminta kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan dengan tidak mendatangi kegiatan yang tidak penting sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Camat Pegantenan, Benny Hendiyanto, menyampaikan terima kasih telah dipercaya menjadi tuan rumah pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua. Hal itu bisa menambah kepercayaan masyarakat tentang keamanan dan kehalalan vaksin sinovac.

“Bersyukur dan berterimakasih kepada bapak bupati beserta Forkopimda yang telah mempercayakan penyuntikan vaksin tahap dua ini di Kecamatan Pegantenan,” katanya usai vaksinasi Covid-19.

Pantauan di lapangan, pada vaksinasi dosis kedua ini, Bupati Baddrut Tamam menjadi orang pertama mendapatkan vaksin sinovac, dilanjutkan oleh Kajari Pamekasan, Komandan Kodim 0826 Pamekasan, dan Kapolres Pamekasan. Kemudian disusul oleh penerima vaksin yang lain.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar