Ini Jihad Paling Berat dalam Hidup Umat Muslim

Avatar of PortalMadura.com
Ini-Jihad-Paling-Berat-dalam-Hidup-Umat-Muslim
Ilustrasi (zonasultra.com)

PortalMadura.Com merupakan suatu amal kebaikan yang dianjurkan oleh Allah SWT. Hal ini juga menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat Muslim. Sebaliknya, akan mendapat kehinaan jika meninggalkan jihad di jalan-Nya.

Tidak hanya itu, makna jihad sebenarnya bisa diartikan luas dalam pandangan Islam. Secara harfiah jihad bermakna sungguh-sungguh. Dalam perkembangannya, banyak ditemui dalam ragam aktivitas sehari-hari.

Tapi, apa ini sesungguhnya?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (10/2/2021) dari laman Republika.co.id:

Pakar Ilmu Tasawuf Haidar Bagir dalam buku Mereguk Cinta Rumi menjelaskan, jika seseorang ingin menjadi pemenang yang agung maka ia harus berjihad.

Jihad yang berat yakni membersihkan hati dari nafsu. Ketika manusia mampu menundukkan nafsu maksiatnya, maka sesungguhnya ia telah berjihad di jalan Allah.

Memetik sari puisi dari Maulana Jalaluddin Rumi, dikisahkan perumpamaan mengenai jihad bagi manusia. Rumi berpuisi:

“Singa yang memporak-porandakan barisan musuh hanyalah pahlawan kecil. Jika dibanding dia (singa itu) yang taklukkan dirinya sendiri. Jika engkau ingin bersinar seperti siang. Bakarlah malam kedirianmu. Larutlah dalam Wujud yang Serba-segala. Belajarlah dari Ali cara berperang. Tanpa egomu ikut serta. Singa Tuhan takkan berbuat sesuatu. Kecuali dari pusat bathiniyah”.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah pernah ditanya seorang sahabat yang baru saja kembali dari perang:

رجعنا من الجهاد الأصغر إلى الجهاد الأكبر قالوا: وما الجهاد الأكبر؟ قال: مجاهدة العبد هواه “Wa maa jihaadul-akbar ya Rasulallah? Faqaala, “Mujahadatul ‘abdi hawahu.” Yang artinya: “Pertempuran apa yang lebih besar (dari ini), ya Rasulullah? (Rasulullah) pun berkata: jihad seorang hamba memerangi hawa nafsunya”.

Intinya, jihad paling berat dalam hidup ini adalah jihad melawan nafsu sendiri. Selama bisa mengendalikannya atau bahkan menundukkan nafsu sendiri, maka itu sudah bisa dikategorikan jihad di jalan Allah SWT dan menjadi jihad yang paling berat dalam hidup. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.