DKKP Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban di Sumenep, Untuk Idul Adha 2023 Terpenuhi

Avatar of PortalMadura.com
DKKP Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban di Sumenep, Untuk Idul Adha 2023 Terpenuhi
DKKP Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban di Sumenep, Untuk Idul Adha 2023 Terpenuhi

PortalMadura.com-Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto melalui Kabid Keswan Zulfa, mengumumkan bahwa ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada tahun 2023 terpenuhi. Hal ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha.

“Alhamdulillah masih terpenuhi,” katanya, Jumat (09/06/2023)

Menurut Zulfa, populasi hewan potong seperti sapi sangat banyak di Sumenep, sehingga ketersediaan hewan kurban dapat terpenuhi dengan mudah.

Terdapat sekitar 1000 ekor hewan kurban yang telah dipersiapkan, terdiri dari sapi dan kambing, jumlah ini sama seperti tahun 2022. Hewan kurban tersebut tersebar di berbagai tempat.

Pihak Dinas menyarankan agar hewan yang hendak dijadikan kurban dipotong di Rumah Pemotong Hewan (RPH) yang sudah disediakan oleh Dinas terkait.

Hal ini dikarenakan sebelum hewan kurban tersebut dipotong, akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna memastikan daging hewan tersebut aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Selain itu, Dinas juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan kandang dengan melakukan penyemprotan desinfektan secukupnya dan menjaga kandang agar tidak melekat dengan kotoran.

Dengan tujuan menjaga kesehatan dan kebersihan hewan kurban yang akan dikurbankan, sehingga perayaan Idul Adha dapat dirayakan dengan sempurna dengan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

DKKP Sumenep mengaku telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan hewan, seperti menggencarkan program vaksinasi yang didukung dengan pencegahan dini, penulusuran kasus penyakit hewan, pengendalian lalu lintas serta vektor penyakit hewan. Semua upaya tersebut dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

“Kita lakukan dengan getol demi keamanan dan kenyamanan bersama,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.