oleh

Dorong Peningkatan Investasi, DPRD Kab. Probolinggo “Belajar” ke DPMPTSP Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo berkunjung ke Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (16/3/2021).

Kedatangannya disambut Ketua Komisi A DPRD Bangkalan, H Mujiburrohman dan Kepala Dinas DPMPTSP Bangkalan, Ainul Gufron. Kedua belah pihak sharing pengembangan investasi.

“Kedatangan kami ke sini untuk sharing, bagaimana caranya untuk mengembangkan investasi di tengah pandemi Covid-19,” kata Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto, di Bangkalan.

Pihaknya menyampaikan, banyak beberapa sektor yang stagnan pada masa pandemi, sehingga perlu “belajar” dengan harapan ada inovasi baru yang dapat dilakukan di Kabupaten Probolinggo.

“Saya yakin pandemi ini akan berakhir, tetapi kita harus menyiapkan diri, sehingga masyarakat tetap survive dalam bidang usaha,” ujarnya.

Menurut dia, kondisi Kabupaten Probolinggo dan Bangkalan tidak jauh berbeda dari segi kultur, sosial dan budaya, di Probolinggo banyak Suku Madura.

“Bedanya, Bangkalan masuk Gerbang kertosusila. Kalau Probolinggo ada di pinggirnya ibu kota provinsi,” katanya.

Kunjungannya ke Bangkalan, kata dia, sebagai upaya meningkatkan dan mendorong investasi di Probolinggo.

“Bagaimana menyiapkan investor yang mau masuk ke Kabupaten Probolinggo, sehingga kedatangan investor tidak meninggalkan kultur dan budaya serta tetap menjaga kearifan lokal,” paparnya.

Sementara, Kepala Dinas DPMPTSP Bangkalan, Ainul Gufron menyampaikan, pihaknya senang dengan kunjungan dari DPRD Kabupaten Probolinggo.

“Ini sharing informasi soal komparasi budaya dan kultur serta kearifan lokal. Meski ada kesamaan tapi ada hal beda. Kami tentu mengambil bagaimana iklim yang ramah terhadap investor,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, seiring dengan keinginan Bupati Bangkalan dan Forkopimda guna mendukung ramah investor.

“Ini juga selaras dengan arahan Bapak Presiden, Gubernur dan Bupati untuk mempermudah investasi di masing-masing daerah,” terangnya.

Pihaknya sepakat, bila investor yang masuk lebih mengutamakan padat karya dengan melibatkan tenaga kerja lokal dan menerima kearifan lokal.

Selain itu, tuan rumah harus ramah dan tamu harus tahu diri. “Mungkin ini yang bisa dibangun bersama untuk kebaikan Bangkalan,” ucapnya.

Ketua Komisi A DPRD Bangkalan, H Mujiburrohman menyampaikan, kunjungan pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo sebagai upaya meningkatkan kemajuan di daerah masing-masing.

“Kita bisa saling belajar dan saling melengkapi untuk kemajuan daerah masing-masing,” katanya.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Fianolita Purnaningtias

Komentar