oleh

DPRD Pamekasan akan Panggil Semua Kepala Puskesmas, Hari Ini Tiga Puskesmas

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan memanggil semua kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 13 kecamatan secara bertahap untuk mengetahui realisasi program selama tahun 2018.

Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Muhammad Sahur menyampaikan, pihaknya memang sengaja memanggil di awal tahun 2019 ini lantaran ingin mengetahui secara utuh serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten tahun 2018. Sebab, serapan anggaran itu akan diketahui setelah pertanggung jawaban akhir tahun.

“Kita panggil Dinkes (pertama), semua Kapus (Kepala Puskesmas) kita akan panggil untuk mengetahui berapa persen realisasi anggaran 2018. Sebelum melaksanakan program tahun 2019, kita sudah tahu apa nanti kesimpulannya. Besok (hari ini, red), kita panggil tiga Puskesmas, Larangan, Galis dan Sopa’ah,” terangnya, Rabu (2/1/2019).

Mantan aktivis PMII Pamekasan ini mengaku, pihaknya sudah memanggil sejumlah kepala puskesmas, di antaranya Puskesmas Talang Siring. Dalam laporannya realisasi program yang dicanangkan berjalan seratus persen, kemudian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan Rp 22 juta mampu mencapai Rp 29 juta.

“Kemudian serapan anggaran yang kapitasi dan non kapitasi itu karena kendala teknis seperti pengadaan obat-obatan. Hanya itu yang tidak terserap, lainnya sudah terserap,” tandas politisi PPP tersebut.

“Itu yang tidak ter-cover di APBD, pengadaan obat itu kan ada yang katalog ada yang non katalog, yang non katalog itu kontraktual, yang kontraktual ini yang tidak ter-cover di E-katalog, hanya itu yang tidak terserap,” tambahnya. (Marzukiy/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar