oleh

DPT Pemilu 2019 di Pamekasan Berpotensi Bertambah

PortalMadura.Com, Pamekasan – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, masih berpotensi bertambah. Warga yang sebelumnya tidak terdaftar dalam DPT, tetapi pada tanggal 17 April sudah berusia 17 tahun, maka yang bersangkutan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh. Hamzah mengungkapkan, setelah pihaknya menetapkan DPT beberapa waktu lalu sampai sekarang belum ditemukan data ganda. Jika pun ada data ganda harus ada rekomendari dari KPU.

“Kalau DPTB itu memang sangat potensial sampai nanti tanggal 17 April, kalau mulai sekarang dan nanti pada tanggal 17 April ada masyarakat yang berusia 17 tahun. Maka itulah potensinya sebagai DPTB,” terangnya, Jumat (18/1/2018).

DPT di Kabupaten Pamekasan pada pemilu 2019 sebanyak 706.619 jiwa. Dari jumlah itu sampai sekarang belum ada laporan data ganda, jika ada data ganda harus ada rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk perbaikan selanjutnya.

Baca Juga: Digerojok Anggaran Rp4,1 Miliar, Target PAD PDAM Bangkalan Hanya Rp200 Juta

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi menyampaikan, pihaknya akan mencermati DPT dari tingkat kabupaten hingga kecepatan untuk mengantisipasi data ganda. Jika ditemukan data ganda tersebut, maka pihaknya akan mengeluarkan surat rekomendasi kepada KPU.

“Bagaimana data ganda itu dihapus, termasuk pula yang sudah mati nanti. Kami masih mengumpulkan data dari tingkat bawah,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar