Dua Bakal Calon Rektor Unija Sampaikan Visi, Misi dan Program Kerja

Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah
Dua Bakal Calon Rektor Unija Sampaikan Visi Misi dan Program Kerja2
Penyampaian visi, misi dan program kerja Bakal Calon Rektor, Unija, Rabu (2/3/2022). (@portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Senat Universitas Wiraraja (Unija) menggelar rapat terbuka penyampaian visi, misi dan program kerja Bakal Calon Rektor, Rabu (2/3/2022).

Ada dua Bakal Calon Rektor Universitas Wiraraja masa jabatan 2022-2027. Nomor urut 1, Mohamad Harun, S.T., M.T dan nomor urut 2, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H.

Mohamad Harun, saat ini menjabat Lektor atau salah satu jenjang jabatan fungsional dosen setingkat lebih tinggi dibanding asisten ahli. Sedangkan Sjaifurrachman masih aktif menjabat Rektor Unija. Masa jabatannya akan habis pada September 2022.

Penyampaian visi, misi dan program kerja Bakal Calon Rektor berlangsung di Gedung Graha Sumekar dengan melibatkan, kepala satker, perwakilan satker, perwakilan tenaga kependidikan, dosen dan perwakilan mahasiswa.

Ketua panitia penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Wiraraja masa jabatan 2022-2027, Anik Anekawati menjelaskan, pada proses pemilihan Rektor ada beberapa tahapan yang dilalui, dari penjaringan oleh panitia dan penyaringan oleh senat.

“Jadi, pada tahap awal itu, melakukan sosialisasi, verifikasi para pendaftar. Ada dua bakal calon dari tahapan itu,” terangnya.

Penyampaian visi, misi dan program bakal calon, kata dia, merupakan tahap kedua yang agendanya ada pada senat. “Hari ini, rapat senat terbuka untuk pemaparan visi, misi dan program bakal calon Rektor,” urainya.

Agenda berikutnya, rapat senat tertutup yang dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (8/3/2022). Hasilnya, akan diserahkan pada yayasan. “Pada rapat senat tertutup itu, melakukan pemilihan yang akan diikuti 20 anggota senat,” terangnya.

Penentuan Rektor terpilih merupakan hak mutlak yayasan. “Jadi, yayasan yang akan memutuskan siapa rektor yang terpilih,” tandasnya.

Pihak panitia menjadwalkan pemilihan Calon Rektor oleh Yayasan pada tanggal 10-18 Maret 2022.

Baca Juga:  Pasca Festival, Bupati Fauzi: Sumenep Harus Melahirkan Atlet Paralayang

Penyampaian visi, misi dan program kerja Bakal Calon Rektor Unija

Dua Bakal Calon Rektor Unija Sampaikan Visi Misi dan Program Kerja
Dr. Anik Anekawati, S.Si., S.Pd., M.Si., Ketua panitia penjaringan bakal calon rektor Universitas Wiraraja masa jabatan 2022-2027. (@portalmadura.com)

Pada penyampaian visi, misi dan program kerja dua bakal calon Rektor Unija, masing-masing diberi kesempatan 20 menit. Dan pihak panitia menghadirkan tiga orang panelis, dari unsur dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Para penelis itu diberi waktu yang cukup untuk mendalami visi, misi dan program kedua bakal calon Rektor dengan cara mengajukan pertanyaan.

“Jadi, tiga orang panelis itu untuk membedah agar semakin jelas visi misinya,” kata Ketua panitia penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Wiraraja masa jabatan 2022-2027, Anik Anekawati.

Berikut Visi dan Misi Dua Bakal Calon Rektor Unija

Nomor urut 1, Mohamad Harun, S.T., M.T

Visi

Menjadi Universitas Terpercaya, Berkarakter dan Bermutu Dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi Yang Dilandasi Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Hingga Tahun 2037.

Misi

Untuk mewujudkan visi lembaga, maka perlu dijabarkan ke dalam beberapa misi yang
harus dilaksanakan yaitu :

1. Menciptakan ekosistem akademik yang kondusif dengan tata kelola perguruan tinggi yang baik dan profesional (good university governance) di bawah kepemimpinan
yang kompeten dan berkarakter yang memperhatikan aspirasi dan tata nilai yang
menjamin adanya keterbukaan, kejelasan dan saling pengertian.

2. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas sesuai dengan
perkembangan jaman guna menghasilkan SDM yang berkarakter dan profesional
serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Melaksanakan inovasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang memiliki dampak dalam penyelesaian masalah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta publikasi pada media ilmiah terakreditasi dan bereputasi.

Baca Juga:  Warga Perum Sekar Agung Regency Ditangkap Polisi

4. Menghasilkan dan mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya serta keterampilan kepada masyarakat dan pemerintah
daerah serta lembaga yang membutuhkan.

5. Menjaga dan mempertahankan eksistensi universitas dengan membangun jejaring
kemitraan dan kerjasama dengan berbagai instansi, lembaga, kelompok sosial dan
industri/dunia usaha yang memiliki relevansi dan kemanfaatan baik di tingkat
regional, nasional maupun internasional.

Selengkapanya dapat diakses DISINI

Nomor urut 2, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H.

Visi

Terwujudnya Universitas berdaya saing global di bidang ilmu pengetahuan, moralitas, dan kewirausahaan berkarakter kebangsaan.

Misi

1. Menyelenggarakan tata kelola universitas yang sehat (good University governance) berbasis sistem informasi terpadu dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi untuk mewujudkan sentralisasi administrasi dan
desentralisasi akademik (SADA).

2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, memiliki moralitas dan integritas serta berjiwa kewirausahaan berkarakter kebangsaan.

3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah dengan ciri khas kewirausahaan berkarakter kebangsaan.

4. Menjalankan kerja sama kemitraan dengan institusi pemerintah dan swasta di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan dan kemanfaatan dalam rangka mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi global.

Selengkapanya dapat diakses DISINI

(*)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.