oleh

Dua Hari ‘Rapid Test’ Massal, 76 Warga Sampang Reaktif Covid-19

PortalMadura.Com, Sampang – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, gencar melakukan rapid test massal guna mendeteksi penyebaran wabah virus corona.

Ada empat titik pasar tradisional yang dilakukan tes cepat, yakni pasar besar Srimangunan, Kedungdung, Pasar Rakyat Rong Tengah, Juklanteng, Kabupaten Sampang.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sampang, Djuwardi menyampaikan, rapid test massal yang dilakukan tenaga kesehatan diikuti pengunjung dan pedagang pasar selama dua hari.

Rapid test massal hari pertama, mampu menyasar 333 orang. Di antara mereka tercatat 28 hasilnya reaktif.

Sedangkan rapid test massal pada hari kedua, jumlah warga yang diketahui reaktif mengalami peningkatan pesat. “Terdata ada 1.130 orang yang mengikuti rapid test. Dan 76 orang hasilnya reaktif,” terangnya, Kamis (18/6/2020).

Djuwardi menjelaskan, ada sejumlah pedagang pasar menolak untuk dilakukan rapid test virus corona. Bahkan mereka pergi karena merasa ketakutan.

“Ini sebagai upaya mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Dinkes) Kesehatan Sampang, Agus Mulyadi, mengaku akan melakukan langkah dan upaya dalam pencegahan Covid-19.

Salah satunya, proses tracing terhadap warga yang diduga reaktif seusai hasil rapid test. Dan ditekankan mereka harus isolasi mandiri.

“Akan dilanjutkan dengan melakukan pengambilan test swab untuk dilakukan uji laboratorium,” tandasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar