Efek Gadget Si Kecil Jadi Pasif? Lakukan 4 Cara Ini Agar Anak Lebih Aktif

Avatar of PortalMadura.com
Efek Gadget Si Kecil Jadi Pasif? Lakukan 4 Cara Ini Agar Anak Lebih Aktif
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setelah pulang sekolah, biasanya anak-anak sekarang ini setiap harinya hanya terus bergulat dengan . Sehingga kebiasaan buruk itu membuat mereka kurang aktif dan jarang bersosialisasi dengan teman di sekitarnya.

Padahal, orang tua perlu tahu efek kesehatan yang cukup potensial bila anak tidak bergerak aktif. Untuk membuat mereka lebih sehat dan aktif, coba lakukan beberapa hal yang bisa bikin mereka terdorong untuk banyak gerak.

Berikut empat cara membuat buah hati Anda lebih aktif:

Bersukacitalah
Untuk mendorong anak-anak meletakkan tablet atau mematikan TV, orang tua perlu membuat waktu bermain aktif lebih menarik. Sebenarnya ada banyak permainan tradisional yang disukai anak-anak. Cobalah ajak anak bermain bowling, berenang, lompat tali, petak umpet, ular naga, dan masih banyak lagi. Cara terbaik agar si kecil mau bermain adalah bermain bersama teman-temannya.

Beri Mereka Ruang
Terkadang anak-anak ingin bermain, tapi dilarang oleh orang tua yang terlalu hati-hati. Tentu saja ada potensi bahaya di luar sana, dan orang tua harus selalu waspada. Memang ada rasa bersalah ketika bagian kaki anak harus ada yang dibungkus kapas akibat luka, tapi biarkan mereka pergi keluar dan menjelajahi lingkungan sekitar.

Anda akan takjub melihat betapa aktifnya mereka secara alami. Anak-anak bisa menghabiskan waktu sepanjang hari memanjat pohon, bermain sepak bola, berpacu dan menikmati waktu saat berada di luar.

Buat Kegiatan
Ketika sampai di acara ulang tahun orang dewasa, cobalah untuk tidak membiarkan anak jatuh ke dalam perangkap yang menggoda, membiarkan mereka di pojok bermain gadget, video game, atau menonton televisi. Meski di sana banyak orang yang lebih tua, dorong anak-anak untuk aktif sejak dini dengan membawa mainan seperti mobil-mobilan, sepeda, go-kart, sepatu roda dan mainan lainnya yang mendorong mereka bergerak aktif.

Menyukai Olahraga
Bergabung dengan klub olahraga di usia muda sangat bagus untuk perkembangan anak baik secara fisik maupun sosial. Menjadi aktif sejak usia dini, mengambil bagian dalam kompetisi olahraga, memainkan peran sebagai tim dan belajar tentang menang dan kalah akan membuat mereka mendapat manfaat yang baik di masa depan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, mereka dapat mencoba beberapa dan melihat mana yang mereka sukai. Siapa tahu mereka memiliki bakat alami menjadi atlet. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.