3 Efek Samping Sering Pakai Sheet Mask Mengandung Steroid

Avatar of PortalMadura.com
3 Efek Samping Sering Pakai Sheet Mask Mengandung Steroid
Ilustrasi (soco.id)

PortalMadura.Com – Salah satu masker wajah yang banyak disukai para wanita karena kepraktisan cara penggunaannya yaitu (topeng lembar). Bagi penggunanya, mungkin sudah tahu bahwa baru-baru ini sempat beredar sheet mask yang di dalamnya mengandung steroid.

Tahukah Anda apa itu steroid?. Steroid atau yang juga disebut dengan kortikosteroid ini merupakan zat obat untuk meredakan peradangan di dalam tubuh. Obat ini dijaga ketat penggunanya dan harus melalui resep dokter. Obat antiradang ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari tablet, sirup, suntikan, inhaler, krim, losion, dan gel.

Menyikapi hal tersebut, tidak adakah efek samping sheet mask steroid yang digunakan pada wajah?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini:

Steroid memang dikenal memiliki sejumlah manfaat untuk pengobatan. Walaupun begitu, ada efek samping yang bisa ditimbulkan. Biasanya efek samping ini muncul setelah penggunaan jangka panjang. Namun, tidak menutup kemungkinan efek steroid bisa muncul beberapa hari setelah penggunaan termasuk pada wajah.

Dilansir dari laman hellosehat.com yang dikutip dari Shanghai Daily, pada tahun 2016 di Tiongkok sempat beredar sheet mask bersteroid. Saat itu, ditemukan sekitar 33 sheet mask steroid yang mengandung glukokortiroid. Glukokortiroid termasuk salah satu jenis steroid yang penggunaannya telah dibatasi oleh otoritas kesehatan Tiongkok.

Obat ini memang banyak digunakan dokter untuk mengurangi peradangan kulit, memutihkan, dan meremajakan kulit. Namun, penggunanya bisa mengalami efek samping seperti alergi dan masalah kulit lainnya terutama jika digunakan dalam waktu lama.

Menurut seorang dokter senior di Plastic Surgery Hospital with the Chinese Academy of Medical Sciences, Wang Baoxi, menyatakan bahwa efek steroid pada wajah tidak bisa disepelekan. Efek samping dari glukokortikoid dalam sheet mask steroid dapat muncul setelah rutin menggunakannya selama 14 hari berturut-turut.

Lebih lanjut Baoxi mengatakan, efek negatif steroid di dalam sheet mask memang tidak langsung muncul pada wajah. Kulit akan terasa sangat kenyal dan halus sehabis memakainya.

Tapi efek samping sheet mask steroid biasanya baru muncul setelah berhenti total. Setelah dua minggu berhenti rutin pakai masker, ruam kulit bisa mulai muncul.

Sejauh ini memang belum ada penelitian khusus tentang efek steroid dalam sheet mask pada wajah. Namun apabila Anda menggunakan sheet mask yang mengandung steroid terlalu sering apalagi dalam jangka yang panjang, maka kulit Anda akan berisiko mengalami masalah.

Lantas, apa saja efek samping steroid yang biasanya muncul jika digunakan secara berlebihan?. Ini dia daftarnya:

Takifilasis

Takifilaksis merupakan kondisi di mana respon kulit menjadi menurun terhadap steroid oles karena penggunaan yang berulang. Akibatnya, seseorang akan terus meningkatkan dosisnya agar efeknya lebih terasa. Saat dosisnya tidak dinaikkan, maka yang terjadi adalah kemerahan hingga lesi (istilah kedokteran untuk merujuk pada keadaan jaringan yang abnormal pada tubuh) berisi cairan bisa muncul di wajah.

Atrofi Kulit

Atrofi kulit termasuk salah satu efek steroid yang bisa terjadi ketika Anda menggunakannya pada wajah dalam jangka waktu lama. Kondisi ini membuat lapisan terluar kulit (epidermis) menipis dan mengalami perubahan jaringan ikat di dalamnya.

Baca Juga : 5 Fakta Penting Pakai Sheet Mask yang Perlu Anda Ketahui

Ketika hal ini terjadi kulit biasanya mengendur dan berkerut. Wajah juga mengalami penipisan sehingga pembuluh vena terlihat jelas dan menonjol hingga warna kulit yang lebih terang di bagian tertentu.

Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit yang membuat tekanan di dalam mata meningkat hingga merusak saraf optik. Ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa seseorang mengalami glaukoma setelah menggunakan steroid oles jangka panjang di sekitar matanya. Artinya, risiko ini bisa saja muncul ketika Anda rutin menggunakan sheet mask yang mengandung steroid.

Dari beberapa efek samping yang telah dijelaskan di atas maka sebelum membeli sheet mask, pastikan bahwa produk yang dibeli mengandung bahan-bahan yang aman untuk kulit dan tidak mengandung steroid.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.