Empuk dan Enak, Begini Cara Bikin Cireng Salju Bumbu Rujak

Avatar of PortalMadura.com
Empuk dan Enak, Begini Cara Bikin Cireng Salju Bumbu Rujak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Cireng merupakan salah satu olahan tepung sagu yang sekarang ini lagi hits. Rasanya yang renyah dan gurih membuat camilan ini banyak disukai orang.

Bumbu yang digunakan itu sederhana dan mudah dicari. Jadi, jika Anda ingin membuatnya dijamin tidak akan kesulitan. Apalagi jika dimakan dengan saus atau bumbu rujak, pasti akan bikin Anda ketagihan.

Penasaran dengan cara membuatnya?. Ini dia resepnya:

Bahan Biang:

Tepung sagu tani/aci sebanyak 50 gram
Air bersih sebanyak 180 ml

Bahan Cireng:

Tepung sagu tani/aci sebanyak 150 gram
Bawang putih sebanyak 3 siung, haluskan
Daun bawang sebanyak 2 batang, iris halus
Merica bubuk sebanyak 1 sdt
Garam halus secukupnya

Bahan Bumbu Rujak:

Cabai merah besar sebanyak 3 buah
Cabai rawit sebanyak 6 buah
Air asam jawa sebanyak 4 sdt
Daun jeruk sebanyak 2 lembar
Air jeruk nipis sebanyak 1 sdt
Gula merah sebanyak 3 sdm

Cara Membuat Cireng Salju Bumbu Rujak :

Pertama, Anda buat adonan biangnya terlebih dahulu. Anda cukup menyiapkan panci bersih dan masukan bahan-bahan biang yang sudah dituliskan sebelumnya.

Masak di atas api kecil sambil diaduk terus menerus sampai membentuk adonan yang sedikit transparan dan cukup lengket, biarkan adonan biang ini hangat.

Jika adonan sudah bersuhu ruang atau hangat masukan bahan-bahan pembuat cireng yang lain ke dalam wadah berisi adonan biang tadi. Aduk-aduk hingga bahan rata. Ambil 1 bagian adonan dan bentuk bulat agak pipih, lakukan sampai adonan habis dan sisihkan sejenak.

Setalah itu, ambil wajan yang bersih dan tuangkan minyak yang cukup banyak ke dalamnya. Gunakan api sedang dan biarkan hingga minyak cukup panas.

Masukan adonan cireng yang sudah Anda buat tadi ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng cireng hingga garing dan berwarna kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Kemudian, sekarang membuat bumbu rujaknya. Haluskan cabai merah, cabai rawit serta gula merah hingga benar-benar halus. Anda bisa menggunakan blender agar proses penghalusan lebih cepat atau menggunakan cobek biasa. Namun jika menggunakan cobek biasa pastikan bahwa semua bahan sudah digiling halus termasuk biji cabainya.

Terakhir, kucurkan air jeruk nipis serta air asam jawa ke dalamnya. Aduk-aduk rata dan tambahkan daun jeruk yang sudah Anda iri-iris halus. Sajikan cireng goreng dengan bumbu rujak bersama keluarga tercinta saat waktu luang. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.