Enak dan Simpel, Resep Cireng Mini untuk Camilan Anak di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Enak dan Simpel, Resep Cireng Mini untuk Camilan Anak di Rumah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada banyak camilan yang dijual di jalan, salah satunya cimin atau cireng mini. Jajanan yang berasal dari kota Bandung ini rasanya bikin nagih, tidak heran sangat disukai oleh kalangan anak-anak.

Bedanya dengan cireng biasa, cireng mini ini adonannya dibuat memanjang dan tidak digoreng sampai kering. Jika Anda ingin mencoba membuat camilan ini untuk anak Anda di rumah, Anda tidak perlu membelinya. Cukup membuat sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana dan mudah dicari.

Ingin mencoba membuat?. Begini resepnya:

Bahan Cimin:

Bahan yang dibutuhkan:
Tepung beras sebanyak 100g
Tepung terigu sebanyak 100g
Tepung tapioka atau aci sebanyak 100g
Telur sebanyak 1 butir, kocok lepas
Secukupnya minyak goreng
Secukupnya daun bawang, diiris halus
Bumbu balado keju
Bawang putih sebanyak 3 siung, dicincang halus
Secukupnya garam
Daun jeruk bila suka, dicincang halus
Secukupnya gula pasir
Secukupnya air hangat

Cara Membuat:

Tuangkan tepung tapioka, tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Aduk ketiga tepung dengan whisk atau sendok hingga tercampur rata. Selanjutnya, beri air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga menjadi adonan yang kalis dan mudah dibentuk.

Hati-hati menuangkan airnya, jangan sampai kebanyakan air sehingga adonan menjadi terlalu encer dan sulit dibentuk.

Siapkan panci dan isi dengan air lalu masak hingga mendidih, beri 1 sdm minyak goreng supaya adonan cimin yang dimasukkan ke dalamnya nanti tidak lengket. Selanjutnya ambil adonan secukupnya, lalu buat bentuk kecil memanjang, lalu masukkan ke dalam panci.

Tunggu sampai adonan cimin tadi matang, yaitu kira-kira 10 menit. Setelah matang bisa segera diangkat lalu ditiriskan. Kerjakan sampai adonan cimin selesai dimasak semua, lalu biarkan agak dingin.

Setelah agak dingin, cimin dapat dipotong kecil-kecil saja. Lakukan sampai semua cimin selesai dipotong. Tumis cincangan bawang putih dan daun jeruk dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum.

Setelah itu tuangkan kocokan telur, lalu aduk-aduk sehingga menjadi telur orak-arik. Masak hingga telur betul-betul matang dan aromanya harum, lalu masukan potongan cimin dan daun bawang, lalu aduk hingga rata. Bumbui cimin dengan bumbu balado keju, gula dan garam. Aduk-aduk hingga rata dan beri sedikit air matang supaya tidak mengering.

Cicipi dan koreksi rasanya, sesudah rasanya pas, masak kembali sekitar 5 menit supaya bumbu cimin benar-benar meresap. Angkat dan tuangkan cimin yang sudah matang ke dalam mangkuk, lalu sajikan hangat. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.