Moms, Ini 5 Alasan Punya Hewan Peliharaan Baik Bagi Perkembangan Anak

Avatar of PortalMadura.com
hewan peliharaan anak
iluatrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Selain menjadi teman bermain, hewan peliharaan ternyata juga dapat membantu tumbuh kembang anak. Namun sebagai orang tua, harus bisa memilih hewan peliharaan apa yang baik dan tidak berbahaya bagi anak.

Oleh karena itu, hal positif ini menjadikan anak bisa beradaptasi dan bisa menyayangi makhluk hidup lain selain manusia. Nah, berikut ini alasan mengapa hewan peliharaan baik bagi anak:

Peka Terhadap Satu Sama Lain
Salah satu manfaat penting dari memiliki hewan peliharaan adalah anak menjadi lebih peka. Tidak hanya kepada sesamanya tetapi juga lingkungannya. Tentu menyenangkan memiliki anak yang peka terhadap lingkungan. Hal ini akan membantu anak menjadi pribadi yang menyenangkan.

Membantu Anak untuk Belajar
Dengan memiliki hewan peliharaan akan membantu anak untuk belajar. Hewan peliharaan, khususnya anjing akan memberikan rasa nyaman dan teman menyenangkan anak agar semangat dalam belajar. Salah satu penelitian menyebutkan, anak akan merasa rileks saat belajar di dekat hewan peliharaan dibanding dekat dengan manusia.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Mengurangi Alergi Pada Anak
Keluarga yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki risiko lebih kecil memiliki alergi, terutama pada anak. Seperti yang diketahui, anak-anak lebih sensitif sehingga mudah alergi. Dengan memelihara hewan peliharaan maka risiko ini dapat dikurangi.

Dapat Mengurangi Stres
Siapa bilang anak-anak tidak mengalami stres. Tekanan lingkungan, tugas sekolah yang menumpuk dapat memicu stres pada anak. Bermain-main dengan hewan peliharaan, akan membantu anak untuk terhindar dari stres yang mengganggu.

Membuat Mereka Belajar Tentang Konsekuensi
Merawat hewan peliharaan akan membuat anak belajar tentang konsekuensi. Hal ini dapat diajarkan dengan mudah pada anak. Misalnya saat anak tidak memperhatikan hewan peliharaannya, seperti tidak memberi makan, maka konsekuensinya akan terlihat nyata hewan tersebut itu mati.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Hal ini tentu akan memudahkan anak lebih mudah dalam belajar. Memahami konsekuensi atas tindakan akan membantunya belajar tentang makna tanggung jawab. (vemale.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.