oleh

Enam Formatur Muncul dalam Muswil V DPW PAN Jatim

PortalMadura.Com, Sumenep – Musyawarah wilayah (Muswil) ke V Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur (Jatim) tuntas digelar, Sabtu (19/12/2020). Kegiatan digelar secara virtual yang berpusat di Surabaya.

Enam nama formatur muncul berdasarkan hasil Muswil untuk mengisi jabatan tinggi DPW PAN Jatim periode selanjutnya. Nama-nama tersebut yakni Achmad Rubai, Heri Romadhan, Abubakar, Masfuk, Rizqi Shadiq, dan Zaenuddin Maliki.

Selamat Ibadah Puasa

Sekretaris DPD PAN Sumenep, Hosaini Adzim menjelaskan, musyawar diikuti oleh semua pengurus DPW PAN, Ketua DPD dan DPC se Jatim secara virtual. Pelaksanaan Muswil via dalam jaringan (daring) itu dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Acara dihadiri Ketua Umum PAN dan beberapa pengurus DPP, juga Gubernur Jatim,” ucapnya usai mengikuti Muswil V DPW PAN Jatim secara virtual di Aula Hotel Utami Sumekar.

Diterangkan, salah satu rangkaian dalam Muswil yaitu pemilihan Ketua Umum DPW beserta jajarannya. Namun, penentuan orang nomor satu di lingkungan PAN Jatim kali ini berbeda. Tidak ada pemilihan. Melainkan penunjukan langsung.

Perubahan sistem penentuan ketua umum itu dilakukan, lanjut Hosaini, untuk meredam kemungkinan timbulnya konflik internal saat pemilihan. Kebijakan itu dibuat mengingat pada saat musyawarah nasional (munas) yang menerapkan sistem pemilihan langsung sempat menimbulkan konflik.

“Demi menjaga keutuhan partai dan solidaritas kader, maka dirubah pola pemilihannya,” kata Hosaini.

Dia menjelaskan, enam formatur itu diberi waktu sepekan oleh DPP untuk menentukan pengisian jabatan. Mulai dari jabatan Ketua Umum, Wakil, Sekretaris, hingga menentukan empat perwakilan untuk menjadi pengurus DPW dari masing-masing daerah pemilihan (dapil) se Jatim.

“Penentuan ketua umum itu nanti melalui musyawarah formatur,” ungkapnya. (*)

Penulis : Badri Stiawan
Editor : Lisa Mana L

Komentar