oleh

Bawaslu Sumenep Antisipasi Potensi Terjadinya PHP di Mahkamah Konstitusi

PortalMadura.Com, Sumenep – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep, Jawa Timur menggelar rapat koordinasi (rakor) penyusunan dan persiapan dokumen perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep 2020, Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Utami Sumekar itu untuk mengantisipasi jika terjadi PHP usai pesta demokrasi di Kota Keris.

Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafii menyampaikan, rakor tersebut dihadiri panitia perwakilan pengawas kecamatan (panwascam) se Kabupaten Sumenep. Penyusunan dan persiapan dokumen yang dilakukan yakni berbasis digital.

“Dokumen yang disusun ini berbasis digital. Dalam rangka penyimpanan data yang lebih aman,” ucapnya.

Imam menyebut, penyusunan dokumen itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan persiapan Bawaslu Sumenep jika terjadi PHP. Sehingga pihaknya bisa menunjukkan bukti-bukti dokumen yang dibutuhkan apabila diminta secara hukum untuk memberikan kesaksian.

“Potensi PHP itu terserah dari para pasangan calon (paslon),” terang Imam.

Beberapa dokumen yang disusun dan disiapkan di antaranya hasil pengawasan hingga penanganan pelanggaran selama Pilkada Sumenep 2020 berlangsung. Imam mengklaim hampir semua panwascam dari 27 kecamatan sudah menyerahkan dokumen yang dibutuhkan.

“Dokumen secara digital sudah hampir 100 persen terkumpul. Meski masih ada beberapa kekurangan-kekurangan,” tutupnya.(*)

Penulis : Badri Stiawan
Editor : Lisa Mana L

Komentar