Bawaslu Sumenep Antisipasi Potensi Terjadinya PHP di Mahkamah Konstitusi

Avatar of PortalMadura.com
Bawaslu Sumenep Antisipasi Potensi Terjadinya PHP di Mahkamah Konstitusi
Bawaslu Sumenep menggelar rakor penyusunan dan persiapan dokumen PHP Pilkada Sumenep 2020 di Aula Hotel Utami Sumekar, Sabtu (19/12/2020). (Foto. Badri Stiawan @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep, Jawa Timur menggelar rapat koordinasi (rakor) penyusunan dan persiapan dokumen perselisihan hasil pemilihan () di () pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep 2020, Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Utami Sumekar itu untuk mengantisipasi jika terjadi PHP usai pesta demokrasi di Kota Keris.

Komisioner Bawaslu Sumenep, Imam Syafii menyampaikan, rakor tersebut dihadiri panitia perwakilan pengawas kecamatan (panwascam) se Kabupaten Sumenep. Penyusunan dan persiapan dokumen yang dilakukan yakni berbasis digital.

“Dokumen yang disusun ini berbasis digital. Dalam rangka penyimpanan data yang lebih aman,” ucapnya.

Imam menyebut, penyusunan dokumen itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan persiapan Bawaslu Sumenep jika terjadi PHP. Sehingga pihaknya bisa menunjukkan bukti-bukti dokumen yang dibutuhkan apabila diminta secara hukum untuk memberikan kesaksian.

“Potensi PHP itu terserah dari para pasangan calon (paslon),” terang Imam.

Beberapa dokumen yang disusun dan disiapkan di antaranya hasil pengawasan hingga penanganan pelanggaran selama berlangsung. Imam mengklaim hampir semua panwascam dari 27 kecamatan sudah menyerahkan dokumen yang dibutuhkan.

“Dokumen secara digital sudah hampir 100 persen terkumpul. Meski masih ada beberapa kekurangan-kekurangan,” tutupnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.