Era Society 5.0, Santri Dituntut Menguasai Iptek

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
Era Society 5.0, Santri Dituntut Menguasai Iptek
Rektor Universitas Wiraraja (Unija Madura) Sjaifurrachman (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Rektor Universitas Wiraraja () Sjaifurrachman mengatakan, pada era global atau era society 5.0 saat ini, para santri dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sesuai perkembangan era digital.

“Sudah banyak pondok pesantren modern yang tidak hanya memberikan pelajaran ilmu agama saja, namun juga memberikan pelajaran bahasa asing, pelatihan komputer dan lain sebagainya sebagai bekal bagi santri untuk berperan di tengah masyarakat global,” kata Sjaifurrachman, dihubungi PortalMadura.Com, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga

Menurut Sjaifurrachman, para santri yang telah dibekali ilmu agama dan tata krama di pondok pesantren, juga memiliki peran sebagai generasi muda yang menjadi contoh bagi generasi muda lainnya sehingga tidak tergerus arus globalisasi.

Pada momentum peringatan Hari Jadi Santri 2022 yang bertajuk Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Sjaifurrachman berharap semoga seluruh santri Indonesia memiliki daya upaya untuk berperan penting di tengah masyarakat dalam membentuk generasi penerus bangsa yang menerapkan ilmu agama dengan baik.

“Santri juga memiliki tata krama luhur serta semoga terus semangat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan karya-karya positif sebagai bentuk upaya menjaga martabat kemanusiaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sjaifurrachman juga ingat soal Resolusi Jihad, maka dapat dimaknai sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap peran santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan NKRI melalui peristiwa bersejarah dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang dipimpin oleh KH. Hasyim Asy’ari dengan fatwa monumentalnya yaitu Resolusi Jihad.

“Selain itu, Hari Santri juga sebagai pengingat bagi santri bahwa peran santri hingga saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk turut andil secara aktif menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” tandasnya.(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.