Erdogan: Ribuan Orang Meninggal Karena Penerapan Zona Aman Suriah Lambat

Avatar of PortalMadura.com
Erdogan Ribuan Orang Meninggal Karena Penerapan Zona Aman Suriah Lambat
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Aljazeera)

PortalMadura.Com – Puluhan ribu orang tewas karena zona aman tidak diterapkan cukup cepat di utara, , Recep Tayyip , mengatakan Rabu (13/11/2019).

Erdogan membuat komentar selama konferensi pers bersama dengan Presiden AS Donald Trump setelah empat jam pertemuan bilateral yang juga termasuk duduk bersama dengan senator Republik.

Turki meluncurkan Operation Peace Spring pada 9 Oktober untuk melenyapkan teroris YPG / PKK dari Suriah utara di sebelah timur Sungai Eufrat untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu pengembalian pengungsi Suriah yang aman dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Pada 17 Oktober, AS dan Turki mencapai kesepakatan untuk menghentikan sementara operasi untuk memungkinkan penarikan pasukan teroris YPG / PKK dari zona aman yang direncanakan, tempat Ankara ingin memulangkan jutaan pengungsi Suriah yang saat ini menjadi tuan rumah.

Turki pertama kali meminta pembentukan zona aman selama pertemuan G20 di Antalya pada 2015.

Erdogan mengatakan bahwa selama operasi, Turki mengamankan kembalinya 365.000 warga Suriah ke Jarablus, kota perbatasan utara yang dibebaskan selama operasi.

Presiden Turki menambahkan bahwa “patut disesalkan” bahwa pemimpin YPG / PKK Ferhat Abdi Sahin, juga dikenal sebagai Mazloum Kobane, dianggap serius oleh Washington.

Erdogan mengatakan Sahin adalah seorang “teroris yang menyebabkan kematian ratusan orang Turki” dan seperti putra angkat bagi pemimpin PKK yang dipenjara, Abdullah Ocalan.

Turki memandang Sahin sebagai teroris yang terkait dengan PKK, yang cabangnya di Suriah adalah YPG. PKK adalah kelompok teroris yang ditunjuk di AS dan Turki serta Uni Eropa.

Erdogan menegaskan bahwa Turki “tidak memiliki masalah dengan Kurdi” dan hanya menangani masalah dengan organisasi teroris.

Beralih ke pertarungan anti-Daesh, Trump mengatakan Turki membantu “banyak” dalam upaya itu, menangkap semua militan Daesh/ISIS yang melarikan diri dari penjara yang dikendalikan oleh YPG/PKK.

Erdogan menambahkan bahwa “Turki dan AS dapat bekerja sama untuk membawa perdamaian, stabilitas ke Suriah dan sepenuhnya menyelesaikan” organisasi teror Daesh/ISIS.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

* Beyza Binnur Donmez dari Ankara berkontribusi pada laporan ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.