Event Kolaborasi Kementerian Perdagangan, Telkom Group, dan Asosiasi Game Indonesia di Bandung

Avatar of hartono
Event Kolaborasi Kementerian Perdagangan, Telkom Group, dan Asosiasi Game Indonesia di Bandung
Dokumentasi Event untuk Penggiat Game di Bandung (Sumber : Indigo)

.Com – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Ditjen PEN, bersama dengan Indigo, PT Nuon Digital Indonesia, dan Asosiasi Game Indonesia (AGI), telah mengadakan acara di IndigoHub Bandung dengan tema “Formulasikan Business Process dan Standard Pitch Deck sesuai dengan Standar Publisher”. Acara ini ditujukan khusus bagi para pengembang game di Kota Bandung untuk membantu mereka mendapatkan kontrak kerja sama dengan publisher game.

Acara tersebut menghadirkan pembicara ahli dalam industri game, yaitu Rachmad Imron, CEO Digital Happiness dan mentor di Indigo Game, serta Natasha Violeta, Manager Hubungan Internasional di Asosiasi Game Indonesia. Keduanya berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang cara mendapatkan publisher game, baik lokal maupun internasional. Lebih dari 50 penggiat game di Bandung menghadiri seminar ini dan mendapatkan wawasan yang berharga tentang pengembangan game hingga tahap publikasi.

Ibu Merry Maryati, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kemendag, mengungkapkan harapannya agar karya para pengembang game Indonesia dapat dikenal dan dimainkan di tingkat internasional, bukan hanya di Indonesia. “Developer harus berani melakukan pitching kepada publisher luar negeri agar dapat diakui dan membangun karir yang baik bagi generasi muda,” ucapnya.

Indigo, sebagai inkubator dan akselerator startup milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), telah berdiri sejak 2013 dan sukses mengembangkan lebih dari 200 startup digital, termasuk 17 pengembang game lokal. Indigo Game, sub-program dari Indigo, hadir sebagai kolaborator dalam acara ini, menawarkan dukungan dalam intake, produksi, dan pendanaan untuk startup game lokal, mempercepat proses komersialisasi mereka di pasar global.

“Saat ini kami Indigo Game sudah membina 17 startup game dan pendanaan dari Indigo yang mana 10 dari 17 dari startup game tersebut sudah release game, 1 diantaranya sudah self publish, 9 diantaranya sudah berhasil publish yang mana 3 diantaranya dipublish oleh PT Nuon Digital Indonesia, 6 diantaranya pun sudah berhasil deal dengan publisher global ada dari Amerika, Singapore, Perancis dan ” ujar Ibu Aline Zivana selaku Manajer Program Inkubasi di Indigo Telkom

Seminar yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Indigo by Telkom Indonesia, Kementerian Perdagangan, PT. Nuon Digital Indonesia, dan Asosiasi Game Indonesia yang mana tiga entitas tersebut bergerak di bidang komunitas, developer, publisher, dan inkubator game di Indonesia. Harapannya, acara ini dapat memberikan dan dampak yang positif bagi para startup game di Bandung untuk Indonesia. Acara ini juga menunjukkan komitmen dan dukungan dari Kementerian Perdagangan, Telkom Indigo, NUON dan AGI terhadap pengembangan ekosistem startup game di Indonesia.

About Indigo
Indigo adalah inkubator & akselerator startup digital yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia. Kami membina startup dengan membuat program-program yang bervariasi mulai dari pendirian startup, pertumbuhan, dan membantu mereka melalui proses sinergi untuk menciptakan startup digital terbaik di Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.