Fakta Tentang Serum yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Fakta Tentang Serum yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (Fimela.com)

PortalMadura.Com – Salah satu skin care yang harus digunakan kaum hawa yaitu serum. Apabila dibandingkan dengan skin care lainnya, memang lebih mahal dengan ukuran yang kecil. Tapi walaupun demikian, serum ini mempunyai banyak manfaat bagi kulit.

Mulai dari menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan garis halus dan kerutan, serta mampu mencerahkan kulit. Dari manfaat tersebut, sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya seputar ini. Misalnya mengenai kapan waktu yang tepat menggunakannya dan serum yang layak digunakan seperti apa?.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini:

Apa yang Dilakukan Serum Vitamin C pada Kulit?
Serum vitamin C bersifat asam, yang berarti mampu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah dan halus. Menurut salah satu pendiri 100% PURE, Susie Wang, proses ini dapat mempercepat generasi sel-sel baru. “Vitamin C sangat asam dan pahit. Jadi, ketika diaplikasikan, kulit dipicu untuk menyembuhkan dirinya sendiri dengan mempercepat produksi kolagen dan elastin.” Kolagen adalah serat protein yang membuat kulit menjadi berisi dan mencegah kendur, sedangkan elastin merupakan serat protein yang membantu kulit terasa lebih kenyal.

Mungkin, sebagian dari Anda pernah terpikir, apakah mengonsumsi jeruk dapat menggantikan penggunaan serum dan mendapatkan hasil yang sama?. Menurut Sarah Lee, co-founder Glow Recipe, “Meskipun mengonsumsi vitamin C adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dosis harian, namun menggunakan vitamin C melalui perawatan skin care, memungkinkan Anda untuk mendapatkan antioksidan yang lebih tinggi, sehingga mampu mencerahkan kulit, memperbaiki hiperpigmentasi, sebagai anti-aging, serta melindungi kulit dari sinar UV. Vitamin C dalam serum menjadikannya bahan yang sangat penting, tetapi dibutuhkan waktu dan pemakaian yang konsisten demi mendapatkan hasil terbaik”.

Kapan Vitamin C?
Meskipun ahli kulit merekomendasikan serum vitamin C yang berbeda, namun mereka menyetujui beberapa hal, seperti kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya dalam skin care rutin Anda. “Gunakan vitamin C sebelum menggunakan pelembap untuk hasil terbaik,” jelas Annie Tevelin, pakar kecantikan dan pendiri SkinOwl. “Biarkan serum kering selama satu menit sebelum menggunakan pelembap dengan SPF”.

“Tidak ada aturan nyata dari para ahli perawatan kulit mengenai apakah lebih baik memakai serum di pagi atau malam hari. Anda bisa beranggapan menggunakan serum vitamin C di siang hari sebagai lapisan lain untuk melindungi kulit dari sinar UV, lalu pada malam hari sebagai cara untuk memperbaiki kerusakan oksidatif sejak siang hari,” jelas Tsippora Shainhouse dari Rapaport Dermatology.

Seberapa Sering Harus Menggunakan Serum Vitamin C?
Sebagian besar ahli perawatan kulit merekomendasikan untuk menambah serum vitamin C ke dalam skin care rutin sebelum memulai hari. Seorang dermatologis, Melanie Palm menyarankan, “Saya merekomendasikan setiap hari pada pagi hari. Biasanya tiga hingga lima tetes untuk seluruh wajah”.

Baca Juga : Perhatikan! Ini 4 Panduan Pakai Serum Wajah yang Baik dan Benar

Bagaimana Tampilan Warna Serum Vitamin C yang Masih Bagus?
Sama halnya seperti buah apel yang akan berwarna cokelat bila terpapar udara, pun serum vitamin C seiring berjalannya waktu. “Saat membeli serum vitamin C, warnanya harus kekuningan sangat terang, bahkan hampir jernih. Seiring waktu, warnanya akan mulai gelap, menyesuaikan dari kuning menjadi oranye ke cokelat, hingga akhirnya menjadi hitam,” jelas ahli estetika, Melissa Lekus dari Melissa Lekus Skincare Consulting. Wang menambahkan, “Jika serum telah berubah kecokelatan, sebaiknya hentikan pemakaian”.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.