Festival Fermentasi Bittersweet Meriahkan Pameran FHT Bali 2024

Avatar of hartono
Festival Fermentasi Bittersweet Meriahkan Pameran FHT Bali 2024
Dokumentasi Bittersweet Festival (Sumber: Gerakan Fermentasi Nusantara)

PortalMadura.Com – Bittersweet Festival, acara fermentasi unik pertama di Indonesia, digelar untuk merayakan, mendidik, dan memperkuat jaringan bisnis fermentasi di Indonesia dengan fokus pada produk seperti Arak, Tempe, dan Cokelat. Acara ini diadakan bersama dengan para pengrajin dan UMKM fermentasi dalam rangka mempromosikan kekayaan fermentasi melalui pameran dan pendidikan.

Koperasi Gerakan Fermentasi Nusantara (Fermenusa), sebuah entitas nirlaba yang bergerak dalam promosi dan advokasi produk fermentasi lokal, dengan bangga mengumumkan keikutsertaan mereka dalam Bittersweet Festival, yang merupakan bagian dari pameran Food Tourism Bali di Nusa Convention Bali, tanggal 6 – 8 Maret 2024.

Bittersweet Festival menawarkan kesempatan kreatif dan produktif untuk belajar, bertukar pikiran, dan berbisnis dalam suasana yang menyenangkan. Festival ini bertujuan mengangkat fermentasi Indonesia dengan menghadirkan pengrajin dan UMKM dalam pameran produk dan edukasi fermentasi (Jakarta, 6 Maret 2024).

Bambang Britono, Ketua Fermenusa, mengungkapkan, “Fermentasi adalah elemen penting dari warisan budaya Indonesia yang membutuhkan lebih banyak edukasi untuk meningkatkan kesadaran tentang produk fermentasi lokal.”

Festival ini menyelenggarakan beragam aktivitas edukatif seperti workshop pembuatan Tempe, talk show tentang pengembangan bisnis hotel dan kafe dengan cokelat Indonesia, sesi edukasi arak, serta sampling dan tasting produk fermentasi setiap hari selama acara.

Festival mendapat dukungan luas dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan industri, seperti Jobubu Jarum Minahasa PT Tbk, produsen minuman fermentasi Cap Tikus, dan Lokaholik, sebuah kafe yang menawarkan makanan dan minuman fermentasi lokal, serta asosiasi arak dan cokelat, UMKM, dan akademisi.

Fermenusa mengundang masyarakat untuk mendukung industri fermentasi Indonesia dengan menghadiri Bittersweet Festival 2024, membantu mengangkat kembali kebanggaan nasional akan warisan dan kreasi fermentasi. Informasi lebih lanjut tentang agenda Bittersweet Festival 2024 dapat ditemukan di Instagram @fermentasi_nusantara.

Tentang Gerakan Fermentasi Nusantara:

Didirikan pada tahun 2016, Gerakan Fermentasi Nusantara bertujuan meningkatkan apresiasi terhadap produk fermentasi Indonesia melalui , teknologi, dan komersialisasi. Pada Juli 2021, gerakan ini memperkuat misinya dengan mendirikan Koperasi Fermentasi Nusantara (Fermenusa), yang berfokus pada advokasi dan promosi fermentasi Indonesia agar lebih bersaing di tingkat global.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.