oleh

Filipina Deteksi 12 Kasus Covid-19 Varian B117

PortalMadura.Com – Filipina mendeteksi 12 kasus baru Covid-19 varian B117 yang lebih menular di Bontoc, Provinsi Mountain, ujar Departemen Kesehatan pada Senin malam (25/1/2021).

Tujuh pasien di antaranya adalah laki-laki dan lima lainnya perempuan, termasuk tiga anak-anak berusia 5, 6, dan 10 tahun.

Dengan penambahan kasus ini, artinya total infeksi dari varian B117 di Filipina menjadi 17.

Sebelas kasus baru itu tercatat di Barangay Samoki, bermula dari perantau Filipina yang kembali dari Inggris dan melakukan perjalanan ke Bontoc bersama istri menggunakan kendaraan pribadi.

Sekembalinya dari Inggris, hasil tes menyatakan dia negatif Covid-19 namun “gejala perut” yang memaksanya untuk melakukan tes usap menyimpulkan dia positif terinfeksi.

Meski kemudian Departemen Kesehatan menegaskan bahwa virus yang menginfeksinya bukan varian B117.

Persoalannya, hasil penelusuran 46 kontak erat pasien tersebut, 12 di antaranya positif terinfeksi varian B117.

Sementara enam lainnya negatif untuk varian itu dan 28 spesimen masih harus menjalani sekuensing genom.

“Unit Epidemiologi dan Pengawasan Regional saat ini melacak eksposur dan riwayat perjalanan kasus untuk mengidentifikasi kemungkinan sumber infeksi lain,” ujar Departemen Kesehatan, kutip the Inquirer.

Berdasarkan kriteria Organisasi Kesehatan Dunia, penularan varian B117 berpotensi terjadi bila terjadi lonjakan kasus dalam jumlah besar, menyebar ke berbagai daerah, dan kesulitan untuk menghubungkan dengan sumber infeksi yang diketahui.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA
Tirto.ID
Loading...

Komentar