oleh

Follow Up, Sumenep Ajukan Kucing Raas Jadi Ikon Daerah

PortalMadura.Com, Sumenep – Keberadaan kucing Raas yang lebih dikenal dengan sebutan kucing Busok merupakan ras kucing domestik endemik yang berasal dari Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Indonesia.

Kucing ini termasuk kucing yang sangat langka dan memiliki variasi genetika yang tinggi. Pihak pemerintah daerah setempat berupaya menyelamatkan keberadaan kucing tersebut dan akan dijadikan ikan daerah.

Kadisparbudpora Sumenep, Sufiyanto menjelaskan, keberadaan kucing Busok itu harus terus dijaga dan dilindungi karena jenis kucing tersebut hanya ada di wilayah Raas.

“Di daerah lain tidak ada. Sebagai follow up (tindak lanjut, red), kami bersama Cat Fancy Indonesia (CFI) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Indonesia (LIPI) telah melakukan penelitian kucing Busok,” terangnya, pada PortalMadura.Com, Rabu (21/11/2018).

Pihaknya menyebutkan, hewan tersebut merupakan ras kucing murni tanpa tercampur gen dari ras kucing lainnya. “Jadi, noktah kucing Busok itu harus benar-benar terlindungi,” tandasnya.

Pasca penelitian, sambungnya, Pemerintah Daerah Sumenep akan mengajukan pada pihak kementerian agar kucing Busok asal Raas menjadi ikon daerah.

Untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat Pulau Raas, tim Disparbudpora selama dua hari melakukan pembinaan terhadap masyarakat, termasuk pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Raas.

“Sejak kemarin hingga hari ini, tim kami ada di sana. Mereka melakukan pembinaan pasca penelitian itu,” jelasnya.

Ia pun berharap pada warga Pulau Raas agar ikut serta melindungi dan menjaga kepunahan kucing Busok tersebut yang sudah di kenal di kalangan pecinta kucing Internasional.

Hal serupa juga dilakukan pihak Disparbudpora Sumenep terhadap keberadaan Sapi Sapudi yang memiliki kekhususan tersendiri. “Program ini juga bagian dari Visit Sumenep agar daerah kepulauan menjadi salah satu jujukan wisata demi peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(Hartono)