Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.com
Fungsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi (gitacinta.com)

PortalMadura.Com adalah bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9. Asam folat merupakan salah satu asupan yang wajib dipenuhi, terutama untuk .

Untuk Anda yang sedang hamil atau sedang berencana untuk hamil, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (5/2/2021), berikut beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui:

Mencegah Keguguran

Mencukupi asupan asam folat harian sebelum dan selama hamil juga diyakini mampu mencegah terjadinya keguguran. Selain keguguran, asam folat juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan lain, seperti kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Asam folat berperan penting untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik. Hal itu akan menghindarkan bayi dari risiko cacat tabung saraf.

Menurunkan Risiko Preeklamsia

Ibu hamil yang mendapat cukup asupan asam folat sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami preeklamsia. Kondisi ini merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, bengkak-bengkak, dan peningkatan kadar protein dalam urine.

Cegah Anemia

Anemia saat hamil dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berpotensi mengancam nyawa ibu dan bayi. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapatkan asupan asam folat dan zat besi yang cukup.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.