oleh

Gali Potensi Sampang, KKN 4 UMM Gelar Budidaya Lele Sistem Aquaponic

PortalMadura.Com, Sampang – Divisi Ekonomi, Sosial dan Budaya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 4 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar penyuluhan dan praktek budidaya lele sistem aquaponic di Desa Komis, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Ketua Divisi Ekonomi, Sosial dan Budaya, Yogi Triatmaja mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi daerah serta meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya melalui budidaya lele.

“Budidaya lele memakai sistem Aquaponic, merupakan modifikasi dengan tanaman organik di atasnya. Jadi, sirkulasi air dari kotoran lele bisa jadi pupuk tanaman,” katanya, Senin (8/8/2016).

Bertemakan “Mengembangkan Potensi Daerah Menuju Desa Sejahtera”, acara terbagi menjadi dua sesi. Yakni, sesi penyuluhan dan sesi terjun ke lapangan. Sesi terjun ke lapangan dipimpin langsung oleh Kepala Kecamatan Kedungdung dan Danramil.

Menurut Halwani selaku Ketua Gerakan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Komis, pembudidayaan lele memang telah lama ada, namun inovasi Aquaponic merupakan hal yang masih sangat baru di desa Komis.

Loading...

“Kedepannya, budi daya lele dengan metode terbaru ini dapat menambah variasi usaha di Desa Komis, mengingat ekonomi yang sulit membuat banyak warga memutuskan menjadi tenaga kerja ke luar negeri daripada harus membangun usaha di desa,” harapnya.

Sementara, Camat Kedungdung, Sampang, Achmad Junaidi mengaku cukup senang dengan adanya program yang digagas oleh teman-teman KKN 04 UMM.

Selain itu, program budidaya Lele menggunakan Aquaponic adalah solusi atas permasalahan terbatasnya lahan, serta bisa sekaligus sebagai sarana budi daya tanaman organik diatas kolam seperti selada air, kangkung dan tanaman organik lainnya.

Harapan kedepannya, program ini mendapat tindak lanjut dari lembaga dinas terkait serta pemberdayaan masyarakat agar bisa mandiri dan pendapatannya meningkat. “Sebelumnya kita sempat merencanakan program seperti ini dan ternyata rencananya telah direalisasisikan oleh teman-teman dari KKN Kelompok 4 UMM,” tutup Achmad Junaidi.(Arina Widya/har)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar