oleh

Ganti 7 Komponen Motor Ini Secara Berkala

PortalMadura.Com – Perawatan motor perlu dilakukan secara berkala agar performa motor tetap prima. Pengendara jangan hanya tahu menggunakan dan mengisi bensin saja. Karena ada beberapa komponen motor yang mempunyai masa kedaluwarsa dan tidak baik digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, pemilik motor perlu mengganti beberapa komponen ini. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Oli Mesin

Oli mesin mempunyai peran sangat penting pada sepeda motor. Pemilik motor diwajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan rutin karena bagian ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan.

Namun perlu diperhatikan, penggantian oli ini turut didasarkan pada kondisi jalan atau jarak yang ditempuh bahkan kondisi cuaca atau lingkungan sekitar.

Busi

Busi sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja. Apabila busi pada sepeda motor sudah kotor atau bahkan melewati batas jarak pemakaian, sebaiknya diganti dengan busi yang baru.

Saringan Udara

Saringan udara atau filter udara mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menunjang keawetan komponen mesin. Terutama komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran seperti Piston, Cylinder Comp, Ring Piston dan komponen lainnya.

Jika saringan udara tidak diganti secara periodik akan menyebabkan komponen-komponen pada sistem pembakaran menjadi cepat aus dan perbaikannya memerlukan biaya yang besar karena harus dilakukan over houl dibagian atas mesin.

Air Radiator

Sistem pendingin cairan atau radiator menjadi salah satu komponen penting pada motor. Perangkat tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kondisi mesin agar tetap stabil. Agar kinerja sistem pendingin selalu optimal maka cek kondisi air raditor secara berkala.

Kanvas Rem

Bagian penting lain dari sepeda motor yaitu sistem pengereman. Pada sistem pengereman, terdapat kanvas rem apabila semakin menipis atau sudah aus maka sangat disarankan untuk segera diganti.

Komponen ini biasanya diganti jika indikator keausan yang dipasangkan di dalam mekanisme rem sudah menunjukkan keausan dengan estimasi sekitar 20.000 km atau tergantung dengan kondisi jalan dan cara pakai kendaraan.

Kanvas rem menjadi komponen yang harus rutin diganti karena berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara saat berkendara.

Seperti yang kita tahu ada begitu banyak kecelakaan yang terjadi karena rem blong atau cengkraman rem yang kurang kuat. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kondisi kanvasnya yang sudah aus atau sudah mulai menipis sehingga tidak berfungsi optimal.

Kanvas Kopling

Kanvas kopling memiliki peran penting bagi sepeda motor oleh karena pemilik sepeda motor wajib mengetahui masa pakainya dan menggantinya secara berkala. Terlebih jika kanvas kopling tersebut sudah cukup aus maka tidak akan berfungsi dengan maksimal.

Ban

Komponen terakhir yang harus diganti secara berkala adalah Ban yang merupakan komponen bagian motor yang sangat penting. Ban yang sudah aus mengakibatkan daya cengkraman terhadap jalan berkurang, apalagi kondisi hujan.

Untuk memeriksa keausan ban luar, bisa dilihat dari indikator keausan ban yang terdapat pada alur ban tersebut. Indikator tersebut biasanya disematkan di alur ban sejajar dengan tanda segitiga pada samping ban luar.

 

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar