Gelar Sispamkota, Polres Sumenep Antisipasi Potensi Kerawanan Pemilu 2024

Avatar of PortalMadura.Com
Gelar Sispamkota, Polres Sumenep Antisipasi Potensi Kerawanan Pemilu 2024
Kegiatan Sispamkota Polres Sumenep

PortalMadura.Com, – Menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, , Madura, Jawa Timur, menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), Sabtu (14/10/2024).

Apel Sispamkota dipimpin langsung oleh Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko di halaman Satpas SIM Polres Sumenep.

AKBP Edo Satya Kentriko menyebutkan bahwa wilayah Sumenep memiliki potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu. “Potensi itu karena kondisi geografis, kepulauan,” katanya.

Meskipun demikian, kata dia, TNI, Polri, KPU, Bawaslu, dan pemerintah daerah berkomitmen untuk memastikan terselenggaranya Pemilu yang aman, tertib, lancar dan kondusif.

Maka perlu pentingnya mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam langkah-langkah yang akan diambil. “Hal ini termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” tegasnya.

Ia mengatakan, kegiatan simulasi adalah sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan , khususnya di wilayah Kabupaten Sumenep.

Maka pihaknya perintahkan pelaksanaan simulasi agar dilaksanakan sebaik mungkin dan penuh semangat.

Sispamkota itu ditampilkan dalam kondisi dan situasi Pemilu dimana keadaannya paling terburuk dan petugas di lapangan bisa dengan sigap mengambil keputusan menyelesaikan permasalahan.

Dalam Sispamkota meliputi berbagai tahapan, dimulai dari masa kampanye, masa tenang dan masa pungut hitung suara hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis dan penjarahan.

Hadir pada Sispamkota di antaranya, Wabup Sumenep Hj. Dewi Khalifah, Dandim 0827/ Sumenep Letkol Czi Donny, Pramudya Mahardi, Ketua PN Sumenep Yuli Purnomosidi, unsur DPRD Sumenep, Kejaksaan Negeri Sumenep, Kasatpol PP Sumenep Ach Laili Maulidy, KPU Sumenep, Bawaslu, Senkom Sumenep dan Seluruh PJU Polres Sumenep.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.