Geliat Terminal Arya Wiraraja Sumenep, Tiap Hari 30 Bus Tujuan Jakarta

Penulis: TaufikurrahmanEditor: Hartono
Geliat Terminal Arya Wiraraja Sumenep Tiap Hari 30 Bus Tujuan Jakarta
Korsatpel Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi (Taufikurrahman @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejak memasuki bulan Ramadan 2022, geliat terminal Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai terasa.

Setiap harinya, bus antar kota antar provinsi (AKAP) tujuan Jakarta tidak kurang dari 30 unit bus yang masuk dan keluar dari terminal Sumenep.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep Handoko Imam Hanafi menyebutkan, sejak hari pertama Ramadan, rata-rata penumpang bus itu 15 orang dari kapasitas 34 penumpang.

“Sudah tercatat kisaran 400 sampai 500 orang (PP) yang masuk terminal. Jadi, sudah mulai menggeliat sejak awal Ramadan,” katanya, Kamis (7/4/2022).

Warga Sumenep yang keluar kota, utamanya tujuan Jakarta adalah para pekerja atau penjaga toko. “Mayoritas masyarakat Sumenep bekerja sebagai penjaga toko di Jakarta dan sekitarnya,” terangnya.

Baca Juga:  1 Kasus, Kejari Sumenep Tuntaskan Lewat 'Restorative Justice'

Bila dibanding dengan Ramadan tahun lalu, peningkatannya sangat signifikan. Tahun kemarin, Sumenep tujuan Jakarta hanya 100 orang.

Tahun ini, pihaknya memprediksi, lonjakan penumpang dari luar kota akan meningkat tajam menjelang Idul Fitri 1443 H.

Pihaknya mengingatkan, para pengguna jasa bus hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan seperti yang tertuang dalam SE nomor 38 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi darat pada masa pandemi.

Di antaranya, pelaku perjalanan yang telah mendapat vaksin dosis 2 wajib menunjukkan hasil negatif rapid antigen dalam kurun waktu 1×24 jam.

Sementara bagi pelaku perjalanan yang masih mendapat vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR dalam kurun waktu 3×24 jam.

Baca Juga:  Pagi Ini, PMII Sumenep Akan Demo Polres Sumenep

Sedangkan bagi para pelaku perjalanan yang sudah mendapat vaksin dosis 3 tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif RT-PCR maupun hasil negatif tes rapid antigen.(*)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.