Kunjungi Rutan Sumenep, Dirkamtib Ingatkan SOP Penjagaan

Avatar of PortalMadura.com
Kunjungi Rutan Sumenep, Dirkamtib Ingatkan SOP Penjagaan
Kanan, Dirkamtib Abdul Aris menyapa penghuni Rutan Sumenep didampingi Plt Karutan Klas IIB Sumenep Ridwan Susilo (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirkamtib) Abdul Aris, melakukan kunjungan kerja ke Rutan Klas IIB Sumenep, Madura, Kamis (7/4/2022) sore.

Pada kesempatan tersebut, Dirkamtib sempat menyapa penghuni sel tahanan kamar 15 dan 16 sambil memberi dorongan semangat dan pemahaman sebagai warga binaan serta melihat langsung proses membatik yang dikerjakan warga binaan .

“Kunjungan ini merupakan safari Ramadan sekaligus memberikan penguatan terhadap tugas pokok dan fungsi petugas Rutan,” kata Abdul Aris.

Tugas pokok dan fungsi yang harus dipahami dan dijalankan oleh petugas Rutan yakni Standart Operasional Prosedur yang tertuang dalam Permenkumham nomor 33 tahun 2015 tentang Penjagaan.

“Mulai dari penjagaan pintu utama, blok, tahanan, kuas trik, pos, lingkungan dan ruang penggeledahan,” terangnya.

Penguatan tugas pokok dan fungsi itu sebagai upaya mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti penyelundupan narkotika melalui barang titipan ataupun makanan.

Selain itu, penguatan sebagai bentuk antisipasi para petugas Rutan maupun Lapas di Indonesia karena sempat terjadi hal yang tidak diinginkan di wilayah lain.

“Nah ini menjadi atensi petugas untuk benar-benar diperhatikan betul agar tidak terjadi di Sumenep,” ujarnya.

Sementara Plt Karutan Klas IIB Sumenep Ridwan Susilo mengucapkan banyak terimakasih atas segala bentuk edukasi yang telah ditorehkan pada petugas Rutan Sumenep.

Dalam sambutanya, pihaknya menyampaikan beberapa program yang sudah dijalankan sebagaimana mestinya. Di antaranya peningkatan kreativitas bagi para warga binaan melalui batik catra.

“Dapur kami pada beberapa waktu yang lalu telah mendapat sertifikat layak heginis dan Rutan Sumenep selalu dikunjungi Puteri Indonesia,” katanya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.