Gelombang Pasang Terjang Raas, Tangkis Laut, Perahu hingga Gudang Warga Hancur

  • Bagikan
Gelombang Pasang Terjang Raas Tangkis Laut Perahu hingga Gudang Warga Hancur
Tangkis laut jebol diterjang gelombang pasang Raas, Sumenep (Ist)

PortalMadura.Com, Sumenep – Gelombang pasang yang melanda wilayah Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merusak tangkis laut dan sejumlah fasilitas milik warga.

Bencana alam gelombang air laut pasang yang disertai angin kencang itu terjadi pada pukul 23.00 WIB, Minggu (5/12/2021).

Sumber kepolisian menyebutkan, tangkis penahanan ombak yang rusak berada di pantai sebelah barat Dusun Pulau Talango Aing, Desa Brakas, Kecamatan Ra’as.

“Tangkis laut itu jebol dan air laut naik ke daratan sehingga merusak bangunan semi permanen yang ada di sekitar pantai,” terang Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S.

Sedangkan fasilitas milik warga yang rusak, di antaranya gudang es milik H. Syamsuni, gudang ikan milik Arif, dua unit perahu motor yang ditambatkan di bibir pantai, milik Aksan dan Abdurrahman.

Menurut Widiarti, air laut pasang yang disertai angin kencang mulai dirasakan oleh warga pesisir pantai Desa Brakas sekitar pukul 21.30 WIB. Gelombang pasang semakin besar menjelang tengah malam.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” katanya.

Pihaknya menyampaikan, Forkopimka Kecamatan Raas belum bisa mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) akibat terkendala cuaca. Namun, koordinasi dengan aparat desa setempat terus dilakukan.

Kecamatan Raas meliputi 9 desa dan terdiri dari 14 pulau. Sembilan (9) pulau berpenghuni dan 5 pulau tidak berpenghuni.

Sisi sebelah utara Kecamatan Raas dibatasi Selat Madura, sebelah selatan dibatasi Laut Jawa, sebelah timur dibatasi Selat Kangean, dan sebelah barat dibatasi dengan Selat Sapudi.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.