Gempa Sumenep, 80 Personel TNI-POLRI Dikerahkan Bersihkan Reruntuhan Bangunan

Avatar of PortalMadura.com
Gempa Sumenep, 80 Personel TNI-POLRI Dikerahkan Bersihkan Reruntuhan Bangunan
Polres Sumenep mengerahkan 80 personel TNI-POLRI untuk membersihkan bangunan korban gempa (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Sebanyak 80 personel dari , Madura, Jawa Timur, dan Dandim 0827 dikerahkan membantu warga untuk membersihkan reruntuhan bangunan rumah warga yang menjadi korban bencana gempa bumi.

“Dari Polres sebanyak 50 personel dan dari Kodim sebanyak 30 personel. Mereka dikerahkan untuk membersihkan rumah warga yang terkena bencana gempa bumi itu,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Fadilah Zulkarnain, Kamis (14/6/2018).

Ia mengakui, personel yang diterjunkan itu relatif sedikit dibanding rumah warga yang membutuhkan bantuan pembersihan material rumah. Tapi, saat ini bersamaan dengan pengamanan Idul Fitri 1439 H di sejumlah tempat.

“Sebagian personel, baik TNI maupun Polri melakukan pengamanan mudik di Pelabuhan Kalianget dan tempat pospam lainnya,” paparnya.

Sebelumnya, gempa bumi melanda wilayah Sumenep, sekitar pukul 20.06.40 WIB, Rabu (13/6/2018) dan tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut mangakibatkan 60 rumah rusak, 9 rumah di antaranya rusak parah dan tidak bisa ditempati.

Pihak BMKG menyebutkan, gempa bumi berkekuatan 4.8 Skala Richter (SR) dengan episenter pada koordinat 6,88 lintang Selatan dan 113,94 bujur timur.

Lokasi gempa di darat pada jarak sekitar 6 km arah Timur Laut Sumenep-Jawa Timur dengan kedalaman 12 kilometer. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.