Geruduk Kantor PT Sumekar, Warga Pulau Sumenep Keluhkan Layanan Kapal DBS

Avatar of PortalMadura.com
Geruduk Kantor PT Sumekar, Warga Pulau Sumenep Keluhkan Layanan Kapal DBS
Komunitas Warga Kepulauan bersama Direktur Utama PT Sumekar (Foto : Syamsul Arifin @PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Sejumlah warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur “geruduk” kantor PT Sumekar, Jumat (27/11/2020). Mereka mengatasnamakan (KWK).

Pelayanan kapal Dharma Bahari Sumekar () yang dikelola PT Sumekar dinilai tidak profesional. Selain semrawut, pelayanannya tidak manusiawi, karena tempat penumpang bercampur aduk dengan barang.

“Bagi direksi yang baru, tolong manajemen PT. Sumekar diperbaiki. Jangan biarkan tetap seperti kemarin-kemarin,” tegas salah seorang warga Kepulauan Kangean, Sumenep, Abd. Azis Salim Syabibi.

Ia menyatakan, kenyamanan dan keamanan penumpang dalam pelayaran sampai saat ini baru 60 persen, sehingga direksi yang baru wajib bisa memperbaiki pelayanan secara maksimal.

“Banyak karyawan DBS bekerja bukan pada fungsinya, karyawan di dalam kapal terlalu gemuk dan perlu dibenahi,” katanya.

Pihaknya juga berharap agar manifes kapal benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi over kapasitas seperti yang selama ini terjadi pada momen-momen tertentu.

“Manifes kapal harus betul-betul diperhatikan. Jangan sampai terjadi lagi kelebihan penumpang. Kapasitas kapal 350, tapi muat penumpang sampai 500 hingga 600 orang,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sumekar, Syaiful Bahri berjanji akan memenuhi harapan dari warga untuk perbaikan manajemen kapal Sumekar yang pelayanan lintasan kepulauan.

“Kami akan berupaya menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Harapan bapak-bapak sebenarnya sama dengan visi dan misi kami di direksi yang baru,” kata Syaiful.

PT. Sumekar merupakan salah satu BUMD Pemkab Sumenep yang bergerak di bidang transportasi laut.

Saat ini, PT Sumekar mengelola dua kapal yaitu KM Dharma Bahari Sumekar (DBS) 1 dan 3 yang melayani rute dari Pelabuhan Kalianget ke sejumlah wilayah Kepulauan Kabupaten Sumenep.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.