Ghosting Pada Keyboard, Apa Itu? Ini Penjelasannya

Avatar of PortalMadura.com
Ghosting-Pada-Keyboard,-Apa-Itu-Ini-Penjelasannya
Ilustrasi (kabargames.id)

PortalMadura.Com pada merupakan masalah yang muncul saat Anda menekan beberapa kombinasi tombol tapi tidak berfungsi. Masalah ini umumnya muncul saat bermain game seperti FPS. Biasanya Anda selalu menekan tombol W untuk maju, Shift ke mode lari dan space untuk melompat.

Jika dalam keadaan normal, maka ketiga tombol tersebut akan berfungsi. Tapi jika tidak merespon, maka yang berfungsi hanya 1 atau 2 tombol saja. Itulah yang dimaksud dengan istilah ghosting. Penyebabnya bisa disebabkan oleh komponen keyboardnya itu sendiri. Umumnya karena jalur tombol keyboardnya yang tidak mendukung.

Ghosting ini sendiri lebih sering ditemui di keyboard berjenis rubber dome. Untuk keyboard mechanical biasanya sudah ada fitur anti ghosting-nya. Walaupun itu jarang, ghosting bisa juga disebabkan karena aplikasi yang dipakai terdapat bug, yang membuat kombinasi tombol suatu keyboard jadi tidak bisa berfungsi dengan sempurna.

Lantas, bagaimana mengatasi ghosting ini?. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ghosting pada keyboard. Berikut di antaranya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (14/10/2021) dari laman Leskompi.com:

Gunakan Keyboard Anti Ghosting

Satu-satunya solusi untuk mengatasi ghosting ialah dengan menggunakan keyboard anti ghosting. Sesuai namanya, keyboard jenis ini didesain khusus agar bisa ditekan banyak tombolnya di waktu yang sama.

Harga keyboard anti ghosting biasanya mulai dari 150 ribu rupiah ke atas, tergantung kualitas dan fitur yang ditawarkan. Khusus kalau Anda memakai keyboard anti ghosting di bawah 300 ribu, jangan lupa cek juga apakah anti ghosting-nya sudah full atau belum. Karena biasanya ada yang hanya support sekian tombol saja.

Jangan Tekan Terlalu Banyak Tombol

Kalau Anda memakai keyboard biasa (dan tidak ada rencana ganti), solusi selanjutnya jangan tekan terlalu banyak tombol sekaligus di waktu yang sama.

Coba cari tahu dulu, berapa banyak kombinasi tombol keyboard yang bisa ditekan dalam satu waktu. Kemudian waktu dipakai, pastikan tidak melebihi batas kombinasi tombolnya. Misalnya maksimal tombol yang bisa ditekan dua. Kalau main game, usahakan saat tekan tombol bersamaan, cukup dua saja. Sisanya bergantian.

Garansikan Keyboard Kalau Rusak

Anti ghosting merupakan fitur yang secara otomatis aktif ketika keyboard disambung ke komputer. Nah, kalau Anda memakai keyboard anti ghosting, tapi fiturnya tidak berfungsi, Anda bisa mengembalikan keyboard-nya ke vendor untuk klaim garansi.

Tujuannya agar keyboard bisa diperbaiki atau diganti ke yang baru. Karena bisa saja keyboard tersebut mengalami kerusakan di komponennya.

Kesimpulannya, penyebab utama keyboard ghosting terletak pada komponennya, apakah sudah mendukung anti ghosting atau belum. Kalau belum mendukung, mau tidak mau Anda harus mengganti keyboard ke jenis yang lain.

Jadi, alternatifnya dikondisikan saja saat memakai keyboard, agar tidak menekan tombol terlalu banyak. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.