Gmail dan YouTube Akan Dihapus Google di Akhir 2023, Segera Lakukan Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Gmail dan YouTube Akan Dihapus Google di Akhir 2023, Segera Lakukan Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Akun gmail dan YouTube yang tidak aktif selama 2 tahun per akhir 2023 akan dilakukan tindakan penghapusan oleh pihak google.

Agar terlihat aktif dan tidak dihapus, maka para pengguna akun gmail dan YouTube segera melakukan tindakan sebagai berikut.

Periksa semua akun sekarang. Anda perlu memperbarui keamanan serta privasi akun gmail secara teratur.

Pihak google memberikan 6 cara agar tidak terhapus oleh sistem pada akhir tahun 2023.

1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email

2. Gunakan Google Drive

3. Pakai untuk menonton video YouTube

4. Unduh aplikasi di Google Play Store

5. Menggunakan Google Search untuk browsing

6. Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Cara lainnya adalah menggunakan akun untuk berlangganan Google One, publikasi berita, atau aplikasi. Sebab langkah ini akan dihitung sebagai aktivitas di dalam akun.

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam Google Photos secara berkala. Masuk setiap dua tahun akan dianggap sebagai pengguna aktif.

Google juga akan mengingatkan pengguna yang tidak aktif selama dua tahun sebelum benar-benar menghapus akun. Perusahaan mengatakan akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya.

“Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia),” ungkap Google.

Sementara itu, Google menjelaskan alasan kebijakan ini sebagai cara melindungi pengguna yang tidak aktif dari pencurian data serta kejahatan siber lainnya.

Sebagai catatan, kebijakan ini hanya berlaku pada pengguna yang menggunakan produk secara gratis. Jadi pengguna Gmail dari kantor atau sekolah akan tetap aman meski tidak aktif.

Kebijakan ini juga bukan hanya untuk Gmail dan Youtube. Namun pada Google Photos dan ekosistem Google Workspace antara lain Docs, Drive, Meet dan Calendar.(*)

sumber : cnbcindonesia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.