oleh

Google Earth Tangkap Penampakan ‘Kacamata Satu’ di Sumenep, Madura

PortalMadura.Com, Sumenep – Aplikasi Google Earth memang menyimpan sejuta rahasia. Tak hanya pernah menangkap penampakan aneh, adegan perkelahian, hingga lokasi rahasia.

Aplikasi yang menggunakan citra satelit ini juga pernah mengabadikan keberadaan hantu. Ini berbeda dengan pekan terakhir ini, warga netizen di Kabupaten Sumenep sempat dibuat heboh dengan penampakan ‘kacamata satu’.

Penampakan tersebut adalah sebuah pulau kosong di Sumenep, Madura, Jawa Timur yang mirip dengan ‘kacamata satu’ (kacamata berlensa tunggal).

Yang ditampilkan oleh fitur Google Earth tersebut adalah pulau Gili Pandan. Salah satu dari lima pulau yang tidak berpenghuni.

Pulau lain yang tak berpenghuni, adalah Pulau Pasir Putih, Gili Duak, Karang Gemer dan Karangnoko.

Wilayah tersebut masuk wilayah Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura.

Sedangkan tiga pulau lainnya di wilayah ini berpenghuni dengan luas 0,53 Km 2/ 1,75% dari luas Kecamatan Gili Genting yaitu Gili Raja, Gilingan dan Giligenting.

Baca Juga : Ajaib, Berbentuk Love Gumpalan Awan Putih Menyerupai Wujud Gili Pandan Sumenep

Baca Juga : Yuk Guys! Nikmati Serpihan Surga di Pulau Gili Pandan Sumenep

Loading...

Merujuk pada data Bappeda Kabupaten Sumenep, tahun 2003, jumlah penduduk Kecamatan Gili Genting secara keseluruhan berjumlah 23.422 jiwa.

Komposisi penduduk Kecamatan Gili Genting terdiri dari laki-laki sebanyak 10.979 jiwa (46,87 %) dan perempuan 12.443 jiwa (53,13 %). Rasio jenis kelamin sebesar 88,23 % dengan kepadatan penduduk sebanyak 772,49 jiwa/Km 2.

Kecamatan Gili Genting terbentuk pada tanggal 7 April1982 disahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto di Jakarta.

Dulu, pulau Gili Genting masuk Kecamatan Bluto (kecamatan daratan). Peraturan Pemerintah No. 7/1982 pasal 8 tentang pembentukan Kecamatan Gili Genting wilayah provinsi daerah tingkat 1 Jawa Timur, membentuk Kecamatan Gili Genting.

Yang meliputi wilayah Desa Aenganyar, Gedugan, Bringsang (wisata pantai sembilan), Galis, Banbaru, Banmaleng, Lombang, Jete Kecamatan Gili Genting memiliki dua pulau berpenghuni resmi dengan masing-masing 4 kepala desa per pulau.

Penampakan Pulau Gili Pandan Sumenep, Madura, Jawa Timur. (tangkapan layar)

Cek Pulau Gili Pandan versi Google Earth DISINI

Cek Pulau Gili Pandan versi Google Maps DISINI

(*)


Penulis : Hartono
Editor : Hartono
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar