Mengenal Khasiat dan Efek Samping Retinol Bagi Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Mengenal Khasiat dan Efek Samping Retinol Bagi Kulit
Ilustrasi (Sociolla)

PortalMadura.Com – Pernah mendengar istilah ?. Ya, zat yang terbuat dari vitamin A ini terkandung dalam produk perawatan kulit, misalnya serum atau essence. Biasanya, obat yang mengandung retinol ini tersedia dalam bentuk krim, gel, dan cairan.

Pada tahun 1970-an, senyawa aktif ini awalnya digunakan sebagai obat jerawat. Tapi selain itu, banyak orang yang mulai yakin jika retinol kini bisa bikin wajah menjadi lebih cerah, bersih, dan berseri. Tidak susah mencarinya, Anda sudah bisa membeli zat ini di pasaran.

Dilansir hellosehat.com yang dikutip dari laman Harvard Medical School, kini retinol terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang bernama tretinoin, adapalene, tazarotene, alitretinoin, dan bexarotene. Semuanya sama mengandung vitamin A yang bisa membantu mengatasi masalah kulit.

Lalu, apa manfaat dari retinol itu sendiri?. Coba simak penjelasannya di bawah ini:

Mengobati Jerawat

Khasiat dari retinol bisa Anda lihat dari cara kerjanya. Di mana, senyawa aktif ini bekerja membuka sumbatan pori-pori, agar zat obat jerawat bisa meresap ke kulit lebih baik untuk membunuh bakteri. Biasanya, skin care yang mengandung retinol kerap kali diresepkan oleh dokter untuk jerawat dengan keparahan ringan hingga sedang.

Selain itu, retinol juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak di wajah dan mencegah peradangan kulit. Nah, agar mendapatkan untuk jerawat, oleskan obat ini ke kulit sehari sekali sekitar 20-30 menit setelah membersihkan wajah Anda.

Mencegah Keriput di Wajah Akibat Penuaan

Manfaat lain selain untuk jerawat yaitu bisa mencegah munculnya keriput atau garis halus di wajah. Khusus jenis tretinoin ini bekerja meningkatkan produksi kolagen baru di dalam kulit. Selain itu, retinol juga merangsang aliran darah kulit yang bisa membuat kulit jadi tampak cerah kemerahan.

Selain itu, retinol mampu memudarkan bintik-bintik hitam akibat penuaan dan mengurangi bintik kulit prakanker yang disebut actinic keratosis. Bagusnya lagi, tretinoin tersebut juga dapat membantu mencegah efek radiasi ultraviolet yang lebih serius pada kulit wajah.

Nah, agar Anda bisa memperoleh manfaat retinol secara maksimal, dokter juga meresepkan Alpha Hidroxy Acids (AHA) untuk membantu menghaluskan kulit. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan krim anti penuaan yang mengandung retinol ke wajah, leher, dada, tangan, dan lengan Anda, setidaknya dua kali dalam seminggu.

Mengendalikan Gejala Psoriasis

Manfaat retinoid juga untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit pada orang dengan psoriasis (penyakit kulit yang mengerisik, kering, mungkin di seluruh tubuh, tetapi yang terbanyak di lengan dan tungkai, terutama di siku dan lutut).

Biasanya, krim atau gel retinol untuk psoriasis ini sering dikombinasikan dengan pengobatan steroid. Apabila Anda mempunyai psoriasis, dokter akan menganjurkan untuk mengoleskan setetes kecil krim retinol, penggunaannya sekali sehari sebelum tidur.

Mengobati Kutil

Bagi Anda yang memiliki kutil, Anda bisa juga menggunakan zat ini. Cara kerja krim ini yaitu dengan mengganggu pertumbuhan sel kutil. Anda bisa mendapatkan pengobatan kutil melalui resep dan cara pakai yang tepat dari anjuran dokter. Krim mungkin perlu digunakan selama beberapa bulan sampai kutil menghilang.

Efek Samping dan Peringatan Pemakaian Retinol

Walaupun memiliki sejumlah manfaat kulit, penggunaan senyawa aktif ini juga bisa menyebabkan efek samping yang mungkin bisa Anda alami. Apa saja?. Berikut di antaranya:

– Kulit kering dan iritasi
– Perubahan pada warna kulit
– Kulit mengalami sensitivitas terhadap sinar matahari
– Kulit jadi kemerahan, bengkak, keras, atau melepuh

Cara Mencegah Efek Pemakaian Retinol

Dari beberapa efek samping tersebut, Anda tentu tidak ingin mengalaminya saat menggunakan retinol bukan?. Tidak perlu khawatir, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba lakukan, antara lain;

1. Hindari sinar matahari saat sedang menggunakan krim retinol, terutama paparan pukul 10 pagi dan 2 siang. Jika Anda berniat untuk keluar rumah dan terpapar sinar matahari, pakai tabir surya minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

2. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab untuk mencegah kulit kering yang bisa menghambat kerja retinol.

Baca Juga : Si Kulit Kering dan Sensitif, Begini Cara Terbaik Aplikasikan Retinol

3. Anda juga bisa menggunakan pakaian yang menutupi wajah, seperti topi atau masker. Untuk menutupi sinar matahari ke tubuh, kenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang.

Catatan: manfaat retinol hanya bisa didapat dengan dosis dan cara pakai yang benar. Pemakaian berlebihan hanya akan memicu efek samping. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan produk dengan dosis yang lebih banyak atau menggunakannya lebih sering dari yang diresepkan oleh dokter. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.