oleh

Gratis, Inilah 7 Situs Untuk belajar Coding

PortalMadura.Com – Belajar coding (pemrograman) memang bukanlah hal yang mudah, pasalnya Anda akan di pertemukan dengan kode-kode rumit yang bikin otak Anda tambah pusing. Terlebih, belajar coding di beberapa tempat khusus membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, banyak cara yang bisa dilakukan agar proses belajar coding menjadi lebih menyenangkan. Bahkan, meski belajar pemrograman dikenakan biaya yang tidak murah, masih terdapat beberapa situs yang menawarkan penggunanya untuk belajar coding gratis.

Seperti diketahui, ilmu coding tidak saja bisa didapat melalui jalur perguruan tinggi. Ilmu coding bisa diinterpretasi dari kehidupan sehari-hari, termasuk online learning. Metode ini bahkan akan sangat mudah diterima bagi siapa pun yang berminat mempelajari coding.

Ada beberapa situs yang menawarkan proses belajar coding gratis, seru, dan penuh dengan pengalaman.

Berikut tujuh situs gratis yang menawarkan proses belajar coding:

Code Academy
Code Academy merupakan salah satu situs belajar coding gratisan yang mampu menggandeng lebih dari 24 juta pengguna. Lewat situs ini, Anda bisa belajar soal HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton, dan Ruby secara cuma-cuma.

Coursera
Didirikan pada tahun 2012, Coursera telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan edukasi teknologi profit yang menawarkan lebih dari 1.000 jenis kursus dari 119 institusi yang berbeda. Bahkan, mereka telah menawarkan beberapa jenis kursus spesialisasi di universitas terkemuka seperti University of Washington, Stanford, University of Toronto dan Vanderbilt.

edX
edX merupakan platform online learning opensource yang didirikan MIT bersama Harvard University pada tahun 2012. Kini, edX telah mendirikan sekitar 60 sekolah yang menawarkan program khusus mata pelajaran Introduction to ComputerScience secara ekslusif.

Udemy
Didirikan pada tahun 2010, udemy merupakan salah satu platform online learning dengan menawarkan pelajaran coding lewat video. Beberapa kursus populer yang ditawarkan di antaranya ada Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, dan juga Introduction to Phyton Programming.

GitHub
Jika Anda ingin belajar coding lewat e-book, Anda bisa mencoba situs ini. Di GitHub, penggunanya bisa mencari buku programming yang diinginkan. Bahkan, GitHub menawarkan koleksi buku programming dalam jumlah banyak, yakni lebih dari 500 buku dengan pilihan 80 bahasa pemrograman berbeda.

CodeAvengers
Situs asal Selandia Baru ini menyediakan kursus coding yang fun dan interaktif di mana akan mengajarkan penggunanya bagaimana melakukan pemrograman lewat serangkaian gim, aplikasi, dan situs yang menggunakan HTML & CSS serta JavaScript.

KhanAcademy
KhanAcademy diciptakan pada tahun 2006 oleh Salman Khan, yang mana menyediakan kursus coding gratisan dengan video tutorial step-by-step, di mana penggunanya bisa belajar coding lewat animasi, bermain gim dengan JavaScript dan ProcessingJS. (liputan6.com/Salimah)



Komentar