oleh

Gunakan 5 Teknologi Canggih ini untuk Lindungi Kehidupan di Bumi

PortalMadura.Com – Bumi menyediakan segala hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk tetap bertahan hidup. Mulai dari tanaman, hewan dan semuanya yang ada di bumi bisa dimanfaatkan oleh Anda. Banyak spesies tanaman yang bisa dikonsumsi.

Namun bukan hanya dikonsumsi, banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Saat ini bumi mengalami kerusakan yang disebabkan oleh perilaku manusia. Sehingga banyak teknologi canggih yang dibuat untuk melindungi spesies laut dan habitat liar.

Dilansir dari laman Liputan6.com, Senin (8/6/2020) berikut teknologi canggi yang bisa membantu melindungi spesies laut dan habitat liar.

Melindungi Spesies Laut dengan Cloud Computing

bumi di tutupi 72% dari lautan dengan keanekaragaman yang sangat unik. Di Indonesia, masyarakat memanfaatkan laut sebagai tempat mata pencaharian.

Google meluncurkan Global Fishing Watch untuk meningkatkan kesadaran terhadap industri perikanan. Global Fishing Watch mengombinasikan teknologi cloud computing dengan data satelit untuk menyediakan pandangan global terhadap aktivitas penangkapan ikan komersial.

Melindungi Hutan Hujan Tropis dengan Machine Learning

Mencegah pembakaran liar di berbagai hutan hujan tropis di seluruh dunia menggunakan teknologi learning open-source Google.

Alat ini ditempatkan di atas pohon untuk merekam suara hutan, lalu melatih sistem untuk mengenali suara gergaji mesin dari berbagi suara yang ada di hutan.

Sehingga ini membantu penjaga hutan mengetahui pembalakan liar yang berusaha untuk menebang pohon secara ilegal.

Memonitor Habitat Liar dengan Teknologi Pemetaan

Deforestasi menyebabkan 17% dari emisi karbon global. Inilah alasan penting untuk selalu menjaga habitat alami bumi.

Teknologi pemetaan ini untuk mengetahui luas hutan secara global dan perubahannya. Teknologi ini bisa menjadi dasar bagi pembentukan kebijakan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di hutan.

Mengurangi Emisi Karbon dengan Environmental

Pemanasan global yang terjadi sangat berdampak besar pada habitat alami di bumi. Alat ini dirancang untuk memudahkan pemerintah kota mengakses dan menindaklanjuti kumpulan data baru terkait iklim.

Memvisualisasikan Dampak Perubahan Iklim dengan Data Aktual

Teknologi ini dapat menggambarkan data aktual dan prediksi peningkatan tinggi permukaan laut, hingga visualisasi data interaktif yang mengajak Anda menyelam di laut dan melihat dampak kenaikan suhu.

Lindungi bumi ini, agar keberlangsungan hidup didalamnya tetap bisa berjalan. Anda bisa melakukannya dengan hal yang sederhana seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau menanam pohon, setidaknya satu pohon di halaman rumah.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar