Guys, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Anda Sedang Cemas Atau Gelisah

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Anda Sedang Cemas Atau Gelisah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rasa atau pastinya pernah dirasakan setiap orang. Di saat seperti inilah Anda akan merasa stres, frustasi dan membuat Anda tidak bisa fokus melakukan sesuatu. Sehingga konsentrasi Anda cenderung terganggu dengan hal-hal yang sedang Anda cemaskan.

Bagi Anda yang merasa cemas atau gelisah, sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang justru semakin memperburuk kondisi Anda. Sebenarnya ada enam hal yang tidak boleh Anda lakukan saat sedang cemas atau gelisah.

Berikut ini pejelasannya:

Mengasingkan Diri
Perasaan ingin menyendiri biasanya akan datang di saat Anda merasa frustrasi. Hal ini memang wajar, tetapi ada baiknya Anda berusaha mencari teman. Mengasingkan diri bisa jadi makin memperburuk keadaan, seringkali pikiran buruk atau pun overthinking akan melanda diri Anda.

Meminum Kopi
Ternyata kadar kafein dalam kopi dapat memperburuk kondisi kegelisahan Anda. “Mengonsumsi kopi dapat membuat serangan panik yang hebat dan tidak memperbaiki keadaan,” ujar psikoterapis Steven Rosenberg, PhD. Alihkan dengan berolahraga, seperti yoga atau melakukan cardio.

Membuat Keputusan
Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda selalu membuat keputusan yang tidak tepat saat sedang merasa gelisah. Tunggulah rasa gelisah hilang, baru menentukan tindakan tepat apa yang harus Anda lakukan. Tindakan yang dilakukan biasanya berdasarkan emosi, atau pun keraguan. Hal ini justru membuat sebuah keputusan yang diambil tidak akan memberikan solusi.

Berpikir Negatif
Pikiran-pikiran negatif yang muncul bisa terjadi tanpa Anda sadari. Secara tidak langsung, pikiran negatif ini mendorong Anda untuk melakukan hal yang negatif pula. Upayakan diri Anda untuk tetap tenang dan membawa aura positif.

Meminum Alkohol
Bagi sebagian orang, minuman beralkohol adalah teman yang tepat saat stres. Namun, minuman beralkohol justru dapat memperburuk keadaan. Kegelisahan seseorang cenderung hilang di saat ia terpengaruh alkohol. Namun, saat kadar alkohol hilang, kecemasan akan muncul kembali dan semakin parah.

Menuntut Diri
Rasa cemas akan hilang dengan sendirinya bila Anda tetap tenang dan tidak menuntut diri sendiri. Masalah yang datang memang harus dihadapi dan diselesaikan. Jangan menuntut diri Anda untuk mundur ataupun lari dari masalah. Bila perlu ajak teman untuk membantu Anda mencari jalan keluar. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.