Guys, Begini 2 Cara Tepat Ganti Oli Mobil Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Guys Begini Cara Tepat Ganti Oli Mobil Sendiri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengganti oli pada sebuah mesin kendaraan merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan termasuk mesin mobil. Sebab, mesin mobil merupakan salah satu bagian pada mobil yang bekerja keras, terutama saat bermacet-macetan.

Selain mengganti rutin, memilih pelumas yang punya kualitas baik juga sangat dianjurkan. Tidak hanya itu, yang perlu Anda perhatikan adalah saringan oli mesin mobil Anda. Kedua hal tersebut harus terus dijaga agar performa dan kinerja mesin selalu dalam kondisi terbaiknya. Oleh karena itu, penggantian oli mobil harus dilakukan dengan paling lama tiga bulan sekali.

Pada umumnya, untuk urusan mengganti oli kita menyerahkan ke pihak lain atau bengkel langganan. Namun sebenarnya mengganti oli mobil sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri. Anda hanya perlu melakukan ini secara teliti. Penasaran bagaimana cara melakukannya?.

Yuk simak penjelasan berikut ini:

Dongkrak Mobil
Siapkan peralatan seperti dongkrak, penyangga, dan balok atau batu. Pastikan Anda menempati posisi dengan benar. Sebab, jika salah makan akan merusak mobil Anda. Caranya, Anda hanya perlu pasang rem tangan dan tahan dengan penyangga pada permukaan datar. Pastikan sekali lagi bahwa Anda meletakkan mobil pada penyangga dengan benar. Selain itu, ganjal ban belakang mobil Anda dengan sesuatu seperti batu atau kayu balok.

Baca Juga: Mahasiswa Sumenep Demo, Desak Bupati Evaluasi Penetapan Direksi PT Sumekar

Panaskan Mobil dan Buang Oli Lama
Panaskan mesin mobil selama dua hingga tiga menit. Temperatur mesin yang ideal membuat Anda jadi lebih mudah untuk mengganti oli. Karena hal itu sudah cukup untuk membuat oli sedikit encer dan akan mengalir lebih cepat. Mesin hangat juga membantu kotoran yang tercampur dengan oli ikut terbuang.

Selagi Anda memanaskan mesin mobil, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan oli sesuai takaran liter kebutuhan mesin mobil Anda, saringan oli baru, baki, dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan kunci-kunci mobil yang dibutuhkan. Anda wajib membaca petunjuk di buku manual untuk memastikan jenis oli dan saringan yang diperlukan.

Jangan lupa, Anda juga perlu membuka kap mesin, buka kenop tempat pengisian oli. Ini dimaksudkan agar proses pengurasan oli bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengganti oli mobil sendiri. Selamat mencoba. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.