Guys, Begini Cara Mudah Cek Chat Anda di Grup WhatsApp Sudah Dibaca atau Belum

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Begini Cara Mudah Cek Chat Anda di Grup WhatsApp Sudah Dibaca atau Belum
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu sering merasa penasaran pada chat yang mereka tulis di grup WhatsApp apa sudah sampai dan dibaca semua anggota. Bagi yang belum tahu cara mengeceknya, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan pengguna.

Cara yang perlu dilakukan pun sama sekali tidak sulit. Saking sederhananya, boleh jadi pula sudah banyak pengguna WhatsApp yang tahu.

Perlu Anda ketahui, dua tanda centang (abu-abu) akan ditampilkan ketika semua peserta di dalam grup telah menerima pesan Anda. Sedangkan saat semua sudah membaca pesan Anda, yang muncul adalah dua tanda centang biru.

Untuk melihat secara lebih rinci kapan chat Anda itu sudah sampai dan dibaca oleh anggota di grup WhatsApp, ada bagian yang namanya “Message Info/Info Pesan” — persis sebagaimana fungsinya, yakni untuk memberikan informasi.

Untuk masuk ke bagian layar “Info” tersebut, yang perlu Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Buka layar percakapan grup

2. Ketuk dan tahan chat yang telah Anda kirim di aplikasi Whatsapp pada ponsel dengan layar sentuh; atau klik di pojok atas bagian chat Anda tersebut di WhatsApp Web

3. Hal itu akan memunculkan opsi “Info” atau “Message Info/Info Pesan” yang bisa Anda pilih

Layar Info Pesan kemudian akan menampilkan informasi sebagai berikut:

1. Diterima/Delivered to ketika media yang Anda kirimkan sudah diterima oleh perangkat penerima, tetapi penerima pesan belum melihat media tersebut. Tandanya adalah dua centang abu-abu

2. Dibaca/Read by atau Dilihat/Seen by ketika penerima pesan sudah membaca chat atau melihat gambar, file audio, atau video yang Anda kirimkan. Untuk Pesan Suara, hal ini berarti penerima sudah melihat tetapi belum mendengarkan Pesan Suara yang Anda kirim

3. Diputar/Played by ketika penerima sudah mendengarkan Pesan Suara yang Anda kirim

Nah, bagaimana jika ada anggota grup Anda yang mematikan “Laporan Dibaca” pada setelan privasi akun WhatsApp-nya?. Hal ini biasanya akan membuat chat japri dengan teman Anda itu tidak bakal memperlihatkan centang biru.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Gelombang di Perairan Sumenep Capai 6 Meter

Menariknya lagi, WhatsApp menyebut bahwa pengaturan privasi macam itu “tidak akan menonaktifkan laporan dibaca untuk chat grup maupun laporan diputar untuk pesan suara. Tidak ada cara untuk mematikan setelan ini”. Selamat mencoba, Guys! (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.