Guys, Begini Teknik Pengereman yang Benar Saat Jalanan Licin di Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Begini Teknik Pengereman yang Benar Saat Jalanan Licin di Musim Hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi pengendara di musim hujan seperti saat ini diharuskan untuk lebih berhati-hati karena jalanan yang licin. Pasalnya, kondisi seperti itu dapat menyebabkan kecelakaan akibat tergelincir saat mengerem.

Hal ini pun bisa saja terjadi jika Anda melakukan pengereman dengan teknik yang salah. Sebenarnya, ada beberapa cara pengereman sepeda motor yang benar.

Pertama, pengendara sebaiknya menggunakan keempat jari tangan kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Hal itu dilakukan agar semua handle rem terpegang sempurna sehingga pengereman bisa dilakukan lebih maksimal.

Selanjutnya, proses pengereman harus diawali dengan melepas handle gas. Akan percuma jika pengendara mengerem sambil menarik gas, karena mesin masih memutar roda. Hasilnya pengereman yang dilakukan tidak maksimal.

Setelah itu, lakukan penarikan handle rem secara pelahan-lahan, jangan disentak secara bersamaan. Setelah hampir mendekati objek yang dihindari, pengereman bisa ditarik lebih kuat.

Nah, untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan lurus, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang dengan perbandingan 60:40 atau 70:30. Pemakaian rem depan yang lebih besar memungkinkan gerakan sepeda motor tidak oleng. Sedangkan pengendara yang menggunakan rem belakang memiliki potensi sliding lebih besar.

Apabila sepeda motor hendak melewati tikungan, yang benar ialah mengandalkan rem belakang secara perlahan-lahan. Penggunaan rem depan bisa mengakibatkan motor terpeleset.

Baca Juga: 3 Cara Rawat Rem Mobil Agar Tahan Lama

Pastikan kondisi rem depan dan rem belakang selalu normal. Lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin dan ganti kampas rem yang sudah habis. Jangan biarkan salah satu sistem pengereman tidak berfungsi. Sebab, rem depan dan belakang merupakan komponen penting.

Hal terakhir, pastikan ban motor memiliki daya cengkeram yang baik agar kendaraan tetap terkendali saat mengerem. Jika ban tidak memiliki daya cengkeram risiko terjadi selip saat mengerem lebih besar.

Itulah beberapa teknik pengereman yang benar yang patut pengemudi ketahui.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.